Kompas TV TALKSHOW inspirasi sehat

Apakah Anda Sudah Memelihara Kesehatan Ginjal?

Sabtu, 10 April 2021 | 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi seperti saat ini, merupakan suatu hal yang penting untuk kita semua.

Hal ini dilakukan, agar tubuh kita tetap sehat dan kuat dalam menahan bakteri, virus ataupun hal dari luar yang dapat membuat tubuh menjadi sakit.

Salah satu organ bagian dalam yang terkadang sering luput dari perhatian adalah ginjal.

2 buah ginjal di dalam tubuh merupakan organ ekskresi yang berfungsi untuk membuang sampah metabolisme, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, serta membuat hormon untuk pengaturan tekanan darah dan pembentukan sel darah merah.

Apabila ginjal yang kita miliki tidak mendapat perhatian, bukan tidak mungkin akan menjadi masalah bagi kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari laman Kompas.com, setidaknya terdapat lima penyakit pada ginjal yang kerap luput dari perhatian.

Yang pertama adalah penyakit ginjal kronis, merupakan penyakit kondisi jangka panjang. Lalu batu ginjal, penyakit yang membentuk zat dalam darah menjadi batu di dalam ginjal. Glomerulonefritis, atau peradangan pada glumeruli yang berada dalam ginjal.

Penyakit ginjal polikistik atau kista dan yang terakhir, infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri.

Guna menghindari munculnya penyakit yang meyerang ginjal, setidaknya terdapat 7 langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Yang pertama dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Lalu mengonsumsi makanan sehat. Berolahraga dengan teratur. Hindari suplemen dengan bahan kimia. Berhenti merokok, kurangi konsumsi obat penghilang rasa nyeri. Dan yang terakhir, memeriksa kesehatan secara berkala.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:24
KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN   MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN    PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT   PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19   SATPOL PP DKI IMBAU PARA PEDAGANG PASAR TANAH ABANG TAK BERJUALAN DI ATAS TROTOAR JALAN UNTUK CEGAH KERUMUNAN   KEMENKES: PEMBAYARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN MASIH DALAM PROSES   CEGAH KLASTER BARU COVID-19, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH LARANG KERUMUNAN JELANG LEBARAN   KOMBES HENGKI HARYADI TEGASKAN PELANGGAR KERUMUNAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DAPAT DIPIDANA   KAPOLRES METRO JAKARTA PUSAT KOMBES HENGKI HARYADI MELARANG SEGALA BENTUK KERUMUNAN SAAT MALAM TAKBIRAN   PEMPROV DKI JAKARTA: WARGA JABODETABEK TAK PERLU SIKM KELUAR MASUK WILAYAH JAKARTA   KPK SESALKAN BEREDARNYA SURAT PERINTAH AGAR PEGAWAI TAK LOLOS TWK MELEPASKAN PEKERJAAN   MASUK ZONA ORANYE COVID-19, PEMKAB JEMBER IMBAU MASYARAKAT SHALAT IDUL FITRI DI RUMAH   WALI KOTA PONTIANAK IZINKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID MAUPUN LAPANGAN DENGAN TERAPKAN PROKES KETAT   PANDEMI KORONA, PEMPROV BANGKA BELITUNG LARANG MASYARAKAT GELAR TAKBIR KELILING PADA MALAM IDUL FITRI