Kompas TV nasional politik

Ada Keterlambatan Pengiriman Vaksin, Pemerintah akan Kurangi Kecepatan Vaksinasi

Kamis, 8 April 2021 | 13:42 WIB
ada-keterlambatan-pengiriman-vaksin-pemerintah-akan-kurangi-kecepatan-vaksinasi

 

Menkes Budi Gunadi saat divaksin Covid-19 pada Rabu (27/1/2021). Menkes Budi berpesan pemerintah dan masyarakat harus bekerja keras setelah kasus Covid-19 tembus satu juta kasus. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia mengalami keterlambatan pengiriman vaksin AstraZeneca akibat adanya relokasi distribusi. Keterlambatan pengiriman ini akan mempengaruhi kecepatan vaksinasi di Indonesia. 

Hal itu disebutkan Menkes saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Jakarta, Kamis (8/4/2021)

Menkes menyebut kecepatan vaksinasi kemungkinan besar bakal diperlambat akibat adanya perlambatan pengiriman vaksin produksi AstraZeneca ini.

Padahal saat ini, kata Menkes,  Indonesia berada di urutan ke delapan negara dengan kecepatan vaksinasi tertinggi di dunia. Setiap harinya sekitar 500 ribu dosis vaksin disuntikan. 

Dengan adanya embargo vaksin dari India, kecepatan dan ketersediaan vaksin terancam  terganggu.  

Dalam rapat kerja tersebut Menkes  menyebut ada seratus juta dosis vaksin yang terancam mengalami keterlambatan pengiriman. Rinciannya adalah 54 juta dosis vaksin AstraZeneca yang didapat dari perjanjian multilateral covax, dan limapuluh juta dosis lagi juga merupakan vaksin AstraZeneca yang didapat dari perjanjian bilateral. 

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:29
AC MILAN TUMBANGKAN TORINO 7-0 PADA LAGA PEKAN KE-36 LIGA ITALIA   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN MINTA SELURUH DUNIA PERLU MEMBERIKAN PELAJARAN KEPADA ISRAEL   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN DAN PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN BAHAS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA LEWAT TELEPON   INDIA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA INDONESIA ATAS KIRIMAN BANTUAN BERUPA 200 OKSIGEN KONSENTRATOR   SATGAS SEBUT KASUS POSITIF COVID-19 DI SUMATERA NAIK, SEMENTARA DI JAWA MENURUN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT MALAM TAKBIRAN DI JAKARTA BERJALAN AMAN TANPA KERUMUNAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN UCAPKAN TERIMA KASIH UNTUK WARGA JABODETABEK YANG MEMILIH TIDAK MUDIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: “CROWD FREE NIGHT” BUKAN HANYA DI SUDIRMAN-THAMRIN, MELAINKAN DI SELURUH WILAYAH JAKARTA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BERLAKUKAN “CROWD FREE NIGHT” ATAU MALAM BEBAS KERUMUNAN SAAT MALAM TAKBIRAN   KRL YOGYAKARTA-SOLO TETAP BEROPERASI SELAMA LIBUR LEBARAN MULAI PUKUL 05.00-19.10 WIB   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS INGATKAN UMAT ISLAM UNTUK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT IDUL FITRI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PREDIKSI ARUS BALIK LEBARAN AKAN TERJADI PADA TANGGAL 16 DAN 17 MEI   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA SUDAH MENCAPAI 8.918.784 ORANG   HINGGA 12MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.728.204 ORANG, 1.584.878 SEMBUH, DAN 47.617 MENINGGAL DUNIA