Kompas TV entertainment selebriti

Tanggapi Wawancara Oprah Winfrey, Uskup Agung Konfirmasi Tanggal Pernikahan Harry dan Meghan

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 16:46 WIB
tanggapi-wawancara-oprah-winfrey-uskup-agung-konfirmasi-tanggal-pernikahan-harry-dan-meghan
Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang disiarkan langsung di seluruh dunia pada Sabtu, 19 Mei 2018. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Eddward S Kennedy

LONDON, KOMPAS.TV – Untuk pertama kalinya, Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, menanggapi wawancara yang dilakukan Oprah Winfrey dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Ia merespons pernyataan keduanya yang mengaku telah menikah tiga hari sebelum upacara pernikahan resmi.

Dalam wawancara dengan Oprah Winfrey yang disiarkan awal bulan ini, Meghan mengatakan pasangan itu mengadakan upacara pernikahan rahasia dengan Uskup Agung Justin Welby, di halaman belakang rumah mereka.

Welby kemudian mengonfirmasi tanggal pernikahan mereka dalam wawancara dengan surat kabar Italia, la Repubblica.

Welby mengatakan, pernikahan resmi berlangsung pada hari Sabtu, 19 Mei 2018. Namun dia menambahkan, "Saya tidak akan mengatakan apa yang terjadi di pertemuan lain."

Baca Juga: Ratu Elizabeth Akhirnya Tanggapi Pengakuan Meghan Markle tentang Keluarga Kerajaan

“Jika ada di antara Anda yang pernah berbicara dengan seorang pastor, Anda akan mengharapkan pembicaraan itu menjadi rahasia. Bukan masalah dengan siapa saya berbicara. Saya pernah melakukan beberapa pertemuan pribadi dan pastoral dengan duke dan duchess sebelum pernikahan,” tambahnya.

“Pernikahan resmi dilakukan pada hari Sabtu. Saya menandatangani akta pernikahan, yang merupakan dokumen resmi. Saya akan melakukan tindak pidana serius jika saya menandatanganinya dengan mengetahui bahwa itu (fakta) palsu."

Sebelumnya dalam wawancara yang fenomenal bersama Oprah Winfrey, Meghan mengatakan, “Tiga hari sebelum pernikahan kami, kami (sudah) menikah. Tidak ada yang tahu itu, tapi kami menelepon Uskup Agung dan kami berkata, 'Lihat ini, tontonan ini untuk dunia, tapi kami ingin persatuan di antara kami.”

Dia mengatakan telah melakukan sumpah pernikahan tiga hari sebelum upacara resmi di halaman belakang rumah mereka dengan Uskup Agung Canterbury. Upacara itu hanya dihadiri oleh mereka bertiga.

Baca Juga: Meghan Markle Ungkap Alasan Kerajaan Inggris Enggan Jadikan Anaknya Pangeran

Wawancara dengan Oprah Winfrey kemudian menjadi perhatian dunia, karena mengungkap sisi lain keluarga kerajaan Inggris yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Salah satu pernyataan Meghan yang mengejutkan adalah, bahwa ada anggota keluarga kerajaan Inggris yang mengkhawatirkan warna kulit anak Harry dan Meghan ketika lahir.

Mereka tidak menyebutkan siapa keluarga kerajaan Inggris tersebut, namun memastikan bahwa orang itu bukanlah Ratu Elizabeth II atau Pangeran Philip.

Setelah wawancara, Istana Buckingham mengatakan masalah ini akan ditangani oleh Ratu dan keluarganya secara pribadi. Pangeran William, kakak laki-laki Harry, sempat mengatakan kepada wartawan bahwa keluarganya bukanlah keluarga yang rasis.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x