Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden: 90 Persen Warga Usia Dewasa di Amerika Serikat akan Divaksin dalam Tiga Pekan ke Depan

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 17:19 WIB
joe-biden-90-persen-warga-usia-dewasa-di-amerika-serikat-akan-divaksin-dalam-tiga-pekan-ke-depan
Presiden AS, Joe Biden setelah melakoni konferensi Pers di Gedung Putih, Kamis (25/3/2021). (Sumber: AP Photo/Evan Vucc)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Senin (29/03/2021) waktu Washington DC mengumumkan 90 persen warga dewasa di AS akan mendapatkan hak untuk menerima vaksinasi Covid-19 dalam tiga pekan ke depan.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Biden mengatakan vaksinasi akan dilakukan per 19 April, sementara 10 persen sisanya akan memperoleh hak yang sama per 1 Mei 2021.

Pernyataan Biden dilontarkan ketika AS mencatat peningkatan jumlah kasus baru COVID-19 di 27 negara bagian.

Baca Juga: Laporan WHO: Sumber Covid-19 Paling Mungkin Berasal dari Hewan, Bukan Kebocoran Laboratorium

Seorang tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada penerima di lokasi vaksinasi baru di Universitas Politeknik Negeri California di Pomona, Los Angeles County, California, Amerika Serikat, pada 5 Februari 2021. (Sumber: Xinhua)

Biden mengatakan, jumlah kasus "kembali naik" seiring warga melonggarkan upaya pencegahan, sambil menekankan, melonggarkan kewaspadaan dapat membuat pandemi "semakin parah," katanya.

Biden berjanji akan memerintahkan para gubernur negara bagian untuk memberlakukan kembali kewajiban mengenakan masker.

Sebelumnya pada bulan ini, Biden menyebut akan memerintahkan semua negara bagian, suku, dan wilayah untuk menjadikan seluruh warga dewasa di AS memenuhi syarat untuk menerima vaksin COVID-19 per 1 Mei.

Per hari ini, Selasa, (30/03/2021), Amerika Serikat memiliki total 30,3 juta kasus positif Covid-19 dengan lebih dari 550 ribu korban meninggal dan 29,5 juta orang pulih. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x