Kompas TV nasional berita utama

Pemerintah Tak Larang Mudik 2021, Kepala BNPB: Tunggu Keputusan Final

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 13:10 WIB
pemerintah-tak-larang-mudik-2021-kepala-bnpb-tunggu-keputusan-final
Ilustrasi kemacetan saat mudik di Jalan Tol. (Sumber: KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

BANGKA, KOMPAS.TV- Polemik tentang tidak adanya larangan mudik untuk tahun 2021 ini terus berlanjut. Kepada Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Doni Monardo pun meminta agar masyarakat untuk menunggu keputusan final dari pemerintah.

“Masyarakat bersabar menunggu keputusan final,” harap Doni usai peresmian rumah sakit khusus karantina RSUD Soekarno di Bangka Belitung, Kamis (18/3/2021).

Doni Monardo mengaku pihaknya masih berkoordinasi lintas kementerian untuk menyikapi rencana pemberlakuan mudik dan libur lebaran Idul Fitri 2021.

Keputusan soal libur lebaran, ungkap Doni, masih bisa berubah sewaktu-waktu tergantung keputusan bersama antar kementerian khususnya yang membidangi masalah perekonomian.

Baca Juga: Tak Ada Larangan Mudik, Ini Kata Epidemiolog UGM Yogyakarta

"Kami sebagai bagian dari organisasi pemerintahan masih berkoordinasi untuk menetapkan itu. Bersama Menko perekonomian dan kementerian terkait lainnya," ungkap Doni seperti dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut Doni tetap mengingatkan, momen liburan menjadi pemicu lonjakan kasus Covid-19. Pria berpangkat Letjen TNI itu pun merujuk pada kasus Desember 2020 hingga  Januari 2021 yang melonjak karena faktor libur akhir tahun.

Sementara pada Februari 2021 kasus kembali turun.

"Kami pastikan setelah liburan itu ada lonjakan kasus. Ada yang bertambah masuk ICU, ada penambahan angka kematian," ungkapnya.

Baca Juga: Terkait Wacana Mudik, Epidemiolog: Pemerintah Tidak Konsisten antara Perkataan dan Perbuatan

"Angka kematian nasional kita di angka 2,8 persen lebih tinggi dari angka global 2,2 persen," tambahnya.

Ada pun RS khusus karantina Bangka memiliki daya tampung 100 tempat tidur dengan rincian 75 untuk pasien observasi dan 25 untuk pasien gawat darurat.

Fasilitas tersebut dilengkapi ventilator dan ruangan dengan sistem tekanan udara negatif.

Sebelumnya, seperti diberitakan Kompas.tv, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, tidak adanya larangan Mudik Lebaran 2021 meski pandemi masih terjadi disampaikannya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021) yang membahas sejumlah hal, salah satunya persiapan mudik lebaran.

Baca Juga: Tak Ada Larangan dari Pemerintah, Jasa Marga: Puncak Mudik Lebaran 2021 Diprediksi 11 Mei

"Hal pertama yang bisa kami kemukakan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik)," kata Budi dalam rapat kerja yang dipantau secara daring.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x