Kompas TV tekno aplikasi

Netflix Beri Peringatan ke Akun Pengguna yang Berbagi Password

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 21:13 WIB
netflix-beri-peringatan-ke-akun-pengguna-yang-berbagi-password
Netflix (Sumber: teampay.co)
Penulis : Gempita Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengguna Netflix yang menggunakan satu akun untuk beramai-ramai dengan berbagi password perlu waspada. Sejumlah pengguna melaporkan "diblokir" oleh Netflix alias tidak bisa mengakses layanan streaming video tersebut.

Sebuah pesan muncul di layar bertuliskan, "Jika Anda tidak tinggal dengan pemilik akun, Anda perlu memiliki akun Anda sendiri untuk terus menonton." Pemberitahuan tersebut dibarengi penawaran opsi langganan gratis selama 30 hari dengan membuat akun sendiri.

Pemilik asli akun yang menerima notifikasi tersebut akan diminta melakukan verifikasi yang akan dikirimkan lewat e-mail atau SMS ke nomor terdaftar. Dengan kata lain, pengguna yang bukan pemilik asli harus membuat akun sendiri untuk menghindari blokir.

Baca Juga: Netflix akan Bangun Kerja Sama dengan Kreator Lokal

Dukungan berbagi akun merupakan salah satu fitur Netflix yang cukup digemari. Namun sejatinya menurut ketentuan penggunaan Netflix, dukungan tersebut bisa digunakan hanya oleh orang yang tinggal serumah.

Sementara, selama ini orang yang berbagi akun tak selalu serumah, apalagi pembeli akses akun ilegal yang dijual lebih murah dari harga resmi.

Perwakilan Netflix menerangkan kepada The Streamable bahwa pihaknya mulai melakukan uji coba untuk memperingatkan dengan tegas para pengguna yang berbagi password akun di luar ketentuan.

"Tes ini dirancang untuk bantu memastikan bahwa orang-orang yang memakai akun Netflix memang benar-benar mereka yang berhak," ujar sang juru bicara seperti dikutip dari KompasTekno, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Makin Asyik Nonton Netflix Tanpa Internet, Sudah Coba?

Sebuah riset dari Magid di bulan Februari menunjukkan sekitar 33 persen pengguna Netflix pernah membagikan password akun mereka setidaknya kepada satu orang lain. 

Di luar pembatasan jumlah perangkat yang dapat mengakses satu akun, modus berbagi akun dan password masih menjadi salah satu masalah Netflix yang solusinya belum terpecahkan.

Di Indonesia, akses untuk 1 perangkat bisa didapatkan dengan berlangganan paket Basic seharga Rp 120.000 per bulan dan Mobile seharga Rp 54.000 per bulan.

Kemudian paket Standard (HD) seharga Rp 153.000 per bulan bisa diakses 2 perangkat secara bersamaan. Terakhir, paket Premium seharga Rp 186.000 per bulan bisa diakses 4 perangkat secara bersamaan.

Baca Juga: Untung dan Rugi Sistem Bayar Berlangganan Seperti Netflix dan Spotify

Belum bisa dipastikan bagaimana Netflix akan memastikan pengguna yang berbagi akun adalah mereka yang tinggal serumah. Dan belum diketahui juga apakah pembatasan ini berlaku untuk paket tertentu saja atau juga diterapkan di seluruh paket langganan.

Nofitikasi Netflix terkait pembatasan pemakaian akun oleh mereka yang tidak serumah kabarnya baru muncul di perangkat TV pintar saja.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x