Kompas TV internasional kompas dunia

Efikasi Vaksin Novavax Capai 86% Lawan Varian Baru Corona B117

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 12:54 WIB
efikasi-vaksin-novavax-capai-86-lawan-varian-baru-corona-b117
Ilustrasi vaksin Covid-19. Vaksin Novavax terbukti 90% efektif melawan Covid-19 original dan corona varian B117 asal Inggris. (Sumber: AP Photo/Firdia Lisnawati, File)
Penulis : Ahmad Zuhad

LONDON, KOMPAS.TV - Dalam uji coba tahap terakhir di Inggris, vaksin Covid-19 Novavax terbukti efektif mencegah penularan virus Corona, termasuk varian B117. Novavax Inc mengungkapkan hal ini pada Kamis (11/3/2021).

Perlu diketahui, Novavax termasuk salah satu merek yang termasuk dalam program Vaksinasi Gotong Royong atau vaksin mandiri Covid-19.

Tingkat efikasi vaksin Novavax ini mencapai 96% melawan Covid-19 versi original. Sementara, tingkat efikasi melawan B117, varian Covid-19 hasil mutasi, mencapai 86%.

Baca Juga: CDC: Dua Minggu setelah Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Dapat Berkumpul Tanpa Masker

Mengutip Reuters, uji klinis ini menunjukkan rata-rata tingkat efikasi vaksin Novavax mencapai 90% untuk kedua varian Covid-19 itu. Uji klinis ini melibatkan 15 ribu orang berusia antara 18-84 tahun.

Dengan hasil uji klinis ini, vaksin Novavax akan mendapatkan izin penggunaan dari regulator Inggris dalam waktu dekat. Chief Medical Officer Novavax Filip Dubovsky mengatakan, pihaknya akan mengajukan izin penggunaan pada regulator Inggris sekitar April 2021.

Hasil uji klinis itu menunjukkan tak ada kematian dan gejala berat penyakit di antara orang yang menerima vaksin Covid-19. Menurut pihak Novavax, kemampuan vaksin ini akan membantu menghentikan dampak lebih buruk yang muncul tiba-tiba akibat kemunculan varian baru Corona.

Dalam uji klinis lebih kecil di Afrika Selatan, vaksin Novavax memiliki tingkat efikasi 55% melawan varian Covid-19 yang menyebar luas di sana, yaitu 501.V2 atau B.1.35.  Relawan vaksinasi Novavax di Afrika Selatan ini tidak memiliki HIV dan belum menderita gejala berat Covid-19.

Baca Juga: Penelitian Covid-19 di Inggris: Virus Corona Varian Inggris B.1.1.7 Lebih Mematikan 30%-100%

Namun, tingkat efikasi vaksin Novavax ini menurun hanya berkisar 49% melawan varian Corona Afrika Selatan bagi penderita HIV.

Tingkat efikasi minimal vaksin Covid-19 yang disepakati setidaknya mencapai 70%.

Dubovsky mengatakan, vaksin mereka masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk melawan varian Covid-19 asal Afrika Selatan.

Novavax masih terus mengembangkan formulasi vaksin untuk melawan varian baru Corona. Mereka berencana melakukan uji klinis vaksin-vaksin itu pada periode April-Juni 2021.

Tim peneliti masih menunggu hasil uji klinis yang melibatkan 30 ribu relawan di Amerika Serikat dan Meksiko. Uji klinis itu akan selesai pada awal April.

Baca Juga: Denmark Hentikan Sementara Penyuntikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Total Sudah 8 Negara di Eropa

Dubovsky mengatakan, vaksin Novavax dapat menerima izin penggunaan di Amerika Serikat pada Mei 2021. Hal ini termasuk dalam skenario optimis, bila pemerintah Amerika mempertimbangkan data uji klinis di Inggris sudah cukup untuk mengambil keputusan.

Namun, perlu waktu beberapa bulan lagi untuk menunggu izin darurat penggunaan, jika pemerintah Amerika bersikeras menunggu hasil uji klinik di negaranya keluar.

Pabrik produksi vaksin Novavax akan berfungsi sepenuhnya pada April 2021, dikutip dari Reuters.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x