Kompas TV regional berita daerah

Pertumbuhan Kubah Lava Merapi yang Berada di Tengah Sulit Terpantau, Begini Solusinya

Jumat, 5 Maret 2021 | 18:13 WIB
pertumbuhan-kubah-lava-merapi-yang-berada-di-tengah-sulit-terpantau-begini-solusinya
Gunung Merapi memiliki dua kubah lava, di sisi barat daya dan tengah. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV-  Gunung Merapi yang memasuki fase erupsi sejak Januari 2021 diketahui memiliki dua kubah lava. Kubah lava Merapi itu berada di tebing sisi barat daya dan di tengah.

Keduanya terus tumbuh seiring peningkatan aktivitas erupsi Merapi. Meskipun demikian pertumbuhan kubah lava Merapi yang berada di tengah lebih sulit dipantau ketimbang yang berada di tebing.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTKG) Yogyakarta merilis informasi terbaru soal pertumbuhan dua kubah lava Merapi, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: Menghitung Laju Pertumbuhan Dua Kubah Lava Gunung Merapi

Volume kubah lava barat daya mencapai 711.000 meter kubik per 5 Maret 2021. Rata-rata, laju pertumbuhan kubah lava per hari 4 Januari sampai 5 Maret adalah 13.900 kubik per hari dan pada hari ini baru tercatat 8.300 meter kubik.

Sementara kubah lava yang berada di tengah kawah hanya bisa dilihat dari sisi tenggara. Diperkirakan pertumbuhan kubah lava sekitar 200.000 meter kubik dengan ketinggian sekitar 45 mteter. Ada kenaikan lima meter sejak pengukuran terakhir pada 1 Maret 2021.

“Kami memantau kubah lava di tengah dari sisi tenggara karena itu yang paling memungkinkan,” ujar Hanik Humaida, Kepala BPPTKG Yogyakarta, dalam jumpa pers virtual, Jumat (5/3/2021).

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:35
AS MENGANCAM RUSIA JIKA TOKOH OPOSISI RUSIA, ALEXEI NAVALNY, MENINGGAL DUNIA DALAM PENJARA   AKSI MOGOK MAKAN YANG DILAKUKAN ALEXEI NAVALNY MENUNTUT PERAWATAN NYERI PUNGGUNG DAN KAKINYA YANG MATI RASA   LAKUKAN AKSI MOGOK MAKAN SEJAK 31 MARET 2021, OPOSISI RUSIA ALEXEI NAVALNY DALAM KEADAAN KRITIS   PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON: SERTIFIKAT VAKSIN EROPA TENGAH DIKEMBANGKAN DALAM TAHAP AKHIR   PERANCIS AKAN CABUT PEMBATASAN PERJALANAN DENGAN NEGARA NON-UNI EROPA PADA MEI 2021   BNN GAGALKAN PENGIRIMAN 89 KG SABU YANG HENDAK DIPASOK MELALUI PELABUHAN BAJOE, KABUPATEN BONE, SULSEL   KEJARI TIMOR TENGAH UTARA, NTT, MENAHAN HERMINIGILDUS TOB KARENA KASUS DUGAAN KORUPSI DANA DESA SEBESAR RP 800 JUTA   KEJARI TIMOR TENGAH UTARA, NTT, TEMUKAN UANG 300 DOLLAR AS SAAT GELEDAH RUMAH KEPALA DESA NAEKAKE B, HERMINIGILDUS TOB   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: JANGAN SAMPAI VAKSINASI COVID-19 BUAT KITA EUFORIA DAN TAK WASPADA   PT KAI DAOP I JAKARTA: JUMLAH PENUMPANG KERETA API DARI JAKARTA TUJUAN KE BERBAGAI KOTA DI JAWA TERPANTAU NORMAL   KEMENHUB BAKAL MENERBITKAN SURAT EDARAN SOAL LARANGAN MUDIK LEBARAN   MENKES MINTA PERDEBATAN SOAL VAKSIN NUSANTARA BERJALAN SECARA ILMIAH DAN TIDAK POLITIS   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MINTA MASYARAKAT WASPADAI TRANSMISI LOKAL VARIAN VIRUS KORONA B117   HINGGA SAAT INI PROGRES PENGEMBANGAN STASIUN BEKASI SUDAH MENCAPAI 77,84 PERSEN