Kompas TV nasional berita utama

Mahfud MD: Kita Harus Berniat untuk Melanjutkan Nilai-Nilai dari Artidjo Alkostar

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 20:33 WIB
mahfud-md-kita-harus-berniat-untuk-melanjutkan-nilai-nilai-dari-artidjo-alkostar
Menko Polhukam Mahfud MD (Sumber: Twitter @mohmahfudmd)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berharap penegak hukum melanjutkan nilai-nilai dari Artidjo Alkostar. Dalam rekam jejaknya, Artidjo Alkostar merupakan sosok penegak hukum pemberani, jujur, sederhana, dan berintegritas tinggi.

“Kita mungkin tidak bisa jadi Artidjo Alkostar, tetapi kita harus berniat untuk melanjutkan nilai-nilai dari Artidjo Alkostar,” kata Mahfud MD dalam sambutannya pada acara doa bersama dan refleksi untuk Artidjo Alkostar yang digelar Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Sampaikan Duka Mendalam, Haedar Nashir: Almarhum Artidjo Alkostar Sosok Bersahaja dan Sederhana

Mahfud lebih lanjut mengungkap, dirinya sudah mengetahui jika Artidjo Alkostar sakit. Tetapi, sambung Mahfud, Artidjo tidak mau menjalani perawatan di rumah sakit meskipun memiliki fasilitas.

“Akhirnya saya kontak Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin -red), minta tim medis ke sana,” ujarnya.

Seperti telah diberitakan, Artidjo Alkostar meninggal dunia karena sakit 28 Februari 2021. Dalam kenangan banyak pihak, Artidjo Alkostar dikenal sebagai penegak hukum pemberani dan berintegritas tinggi. Tak hanya itu, Artidjo Alkostar juga dikenal sebagai penegak hukum yang memiliki kesederhanaan dan rendah hati.

Baca Juga: Jokowi: Artidjo Alkostar Penegak Hukum Jujur dan Berintegritas Tinggi

Rasa kehilangan atas meninggalnya Artidjo Alkostar juga disampaikan Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi menyebut Indonesia kehilangan putra terbaik bangsa.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kemarin hari Minggu telah berpulang ke rahmatullah Bapak Artidjo Alkostar. Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa,” ujar Presiden saat takziah ke tempat mendiang Artidjo Alkostar.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Ikut Menyolatkan Jenazah Artidjo Alkostar: Kita Kehilangan Putra Terbaik Bangsa

Presiden memiliki kenangan tersendiri terhadap Artidjo Alkostar semasa hidupnya. Menurutnya, Artidjo Alkostar, memiliki kepribadian dan integritasnya yang tak perlu diragukan lagi dan menjadi teladan bagi para penegak hukum dan peradilan.

“Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi,” tuturnya.

“Atas nama pemerintah kami menyampaikan dukacita mendalam,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x