Kompas TV nasional berita utama

Presiden Joko Widodo Ikut Menyolatkan Jenazah Artidjo Alkostar: Kita Kehilangan Putra Terbaik Bangsa

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 10:35 WIB
presiden-joko-widodo-ikut-menyolatkan-jenazah-artidjo-alkostar-kita-kehilangan-putra-terbaik-bangsa
Presiden Joko Widodo menyolatkan jenazah Artidjo Alkostar di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), DI Yogyakarta, Senin (1/3/2021). (Sumber: Istimewa via TribunJogja.com)
Penulis : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri melayat ke rumah duka mendiang anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK) Artidjo Alkostar di sela-sela kegiatannya di Yogyakarta.

Tak hanya itu, Jokowi turut menyolatkan jenazah Artidjo Alkostar di Masjdi Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), DI Yogyakarta, Senin (1/3/2021) sekitar pukul 08.00 WIB itu.

Menurut Jokowi usai menyolatkan jenazah, sebagai mantan Hakim Agum, Artidjo Alkostar dikenal sosok berintegritas, jujur, dan tak ragu dalam penegakan hukum.

Baca Juga: Artidjo Alkostar Dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII Yogyakarta, Keluarga: Pengayom dan Sabar

Artidjo Alkostar berpulang pada usia 72 tahun pada hari Minggu (28/2/2021).

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kemarin hari Minggu telah berpulang ke rahmatullah  Bapak Artidjo Alkostar. Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa," ujar Jokowi di lokasi, Senin (1/3/2021).

Presiden tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Jokowi mengaku memiliki kenangan tersendiri terhadap almarhum Artidjo semasa hidupnya.

Kepribadian dan integritasnya tak perlu dilakukan lagi dan menjadi teladan bagi para penegak hukum dan peradilan.

Baca Juga: Jokowi: Artidjo Alkostar Penegak Hukum Jujur dan Berintegritas Tinggi

"Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi," tutur Kepala Negara.

Usai menyampaikan belasungkawa, Jokowi memanjatkan doa untuk almarhum. Setelahnya, orang nomor satu di Indonesia itu berpamitan meninggalkan lokasi.

"Atas nama pemerintah kami menyampaikan dukacita mendalam," tandasnya.

Baca Juga: Jenazah Artidjo Alkostar akan Dimakamkan di UII Yogyakarta

Almarhum Artidjo rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII yang prosesinya sendiri dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

Setelah melayat, Jokowi dijadwalkan untuk melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua terhadap ribuan pedagang dan pelaku usaha di Malioboro dan Pasar Beringharjo.

Baca Juga: Kenang Artidjo Alkostar, Mahfud MD: Beliau Inspirasi Saya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.