Kompas TV nasional peristiwa

Gubernur Anies Baswedan dan 9 Tokoh Dapat Penghargaan "Tokoh Pemberdayaan 2020"

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 09:10 WIB
gubernur-anies-baswedan-dan-9-tokoh-dapat-penghargaan-tokoh-pemberdayaan-2020
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan penghargaan Kota dan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kamis (24/12/2020). (Sumber: Facebook Anies Baswedan)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali meraih penghargaan. Kali ini sebagai Tokoh Pemberdayaan 2020 dari Rumah Zakat. CEO Rumah Zakat, Nur Efendi menjelaskan, pemberdayaan tersebut diberikan Rumah Zakat pada individu yang berdedikasi mewujudkan kebahagiaan sesama melalui beragam upaya kontribusi dalam bermasyarakat dan berbangsa. 


Anies mengatakan, sejak awal pandemi hingga sekarang, prioritas utama adalah keselamatan dari masalah kesehatan, ekonomi, dan lainnya. "Kita bersyukur begitu banyak langkah yang di awal nampak unik dan tak biasa. Seperti pembatasan sosial, nampak aneh di awal, sekarang menjadi kunci," tutur dia.

Di saat yang sama, digulirkan KSBB (Kolaborasi Sosial Berskala Besar). Ketika pandemi membuat ekonomi terkontraksi, ada kolaborasi untuk menolong.

Baca Juga: Saran Dedi Mulyadi untuk Anies Baswedan: Semua Problem Jakarta Beresin, Duitnya Kerahkan ke Situ


Selain Anies, ada sejumlah tokoh lainnya yang mendapat penghargaan serupa.  "Ada 9 tokoh yang dianggap berdedikasi dalam mewujudkan kebahagiaan bersama," ujar Nur Efendi dalam acara virtualnya, Kamis (25/2/2021) seperti dikutip Kompas.com. 


Ke-9 tokoh tersebut yaitu  Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Banggai Herwin Yatim. Kemudian Presiden Direktur PT Bank HSBC Francois de Maricourt, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi, Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi, Relawan Pemberdaya Desa Aep Muflih, dan Relawan Kemanusiaan Adhi Saputra. 

Baca Juga: Atasi Banjir, Anies Ganti Kepala Dinas Sumber Daya Air


Sementara Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil mengatakan, membangun Indonesia tidak bisa sendirian. Karena itu di Jabar terdapat kolaborasi pentahelix, salah satunya dengan memberdayakan desa. 

Jabar membangun desa digital dengan berbagai keunggulannya. Hingga ke depan bisa seperti Jepang, yaitu dengan meluncurkan  gerakan #BahagiaBersama. Tujuannya, mengajak masyarakat terus berjuang, bertahan, dan tetap berbagi kepada yang membutuhkan meskipun terdampak pandemi Covid-19. 

Diharapkan dari gerakan ini, Rumah Zakat menjadi jembatan untuk membantu 2,5 juta penerima manfaat melalui optimalisasi dana zakat, infak, sedekah, wakaf, serta dana kemanusiaan lain yang dititipkan para donatur.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x