Kompas TV internasional kompas dunia

Vatikan Keluarkan Dekrit: Pegawai Yang Menolak Vaksin Terancam Dipecat

Kamis, 18 Februari 2021 | 23:29 WIB
vatikan-keluarkan-dekrit-pegawai-yang-menolak-vaksin-terancam-dipecat
Paus Fransiskus saat memimpin misa Rabu Abu di Basilika St. Peter di Vatikan, Rabu (17/2). (Sumber: Guglielmo Mangiapane / Pool photo via AP)

ROMA, KOMPAS.TV – Vatikan rupanya menganggap pendirian Paus Fransiskus yang pro-vaksin dengan sangat serius: setiap pegawai Vatikan yang menolak vaksin Covid-19 tanpa alasan medis yang sah, terancam dipecat.

Keputusan tertanggal 8 Februari yang ditandatangani gubernur Negara Bagian Kota Vatikan itu memicu debat sengit pada Kamis (18/2), lantaran ketentuan tersebut melanggar ketentuan bawaan vaksinasi Covid-19 yang bersifat sukarela di Italia dan di negara-negara lain.

Baca Juga: Vatikan: Vaksin yang Dikembangkan Dengan Jaringan Sel Janin Hasil Aborsi Secara Moral Dapat Diterima

Associated Press melaporkan, keputusan itu menyebut perlunya melindungi pegawai Vatikan di tempat kerja. Selain itu, dipaparkan pula panduan yang dikeluarkan oleh komisi penasehat Paus Fransiskus atas Covid-19 yang menyatakan adanya tanggung jawab moral untuk memvaksinasi diri sendiri, karena menolak vaksin dapat menimbulkan risiko bagi yang lainnya.

Baca Juga: Satu Jam Bersama Pak Jusuf Kalla di Vatikan

Dekrit itu juga menyatakan, para pegawai Vatikan yang menolak divaksin tanpa menunjukkan alasan medis yang terbukti sah terancam dikenai sanksi hingga dan termasuk “interupsi atau pemutusan hubungan kerja”. Vatikan merupakan monarki absolut di jantung kota Roma yang beroperasi secara independen dari hukum Italia dan perlindungan tenaga kerja Italia.

Baca Juga: Paus Fransiskus Dukung Homoseksual, Vatikan Konflik Internal

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:32
WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA INGATKAN PENGELOLA APARTEMEN TAK HANYA CARI KEUNTUNGAN, TAPI TURUT AWASI HUNIAN   PROSTITUSI ANAK DI APARTEMEN, WAGUB DKI PERTIMBANGKAN BERI SANKSI KEPADA PENGELOLA APARTEMEN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN KUKUHKAN 17 ANGGOTA AKADEMI JAKARTA YANG DIKETUAI SENO GUMIRA AJIDARMA   WALI KOTA TANGERANG DORONG KEMENDAGRI BUAT ATURAN LARANGAN MUDIK UNTUK SELURUH PEMDA   TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL, KEMENTAN DUKUNG PENGEMBANGAN LUMBUNG PANGAN DI SUMSEL   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT KEANEKARAGAMAN HAYATI MERUPAKAN ASET MASA KINI DAN MASA DEPAN   KEMENAG SIAPKAN 86 LOKASI DI 34 PROVINSI UNTUK PANTAU HILAL AWAL RAMADAN   WALI KOTA JAKARTA PUSAT: KEBAKARAN DI PASAR KAMBING DIDUGA AKIBAT KORSLETING   MUI KELUARKAN FATWA YANG MENYATAKAN TES USAP DI BULAN RAMADAN TAK MEMBATALKAN PUASA   PEMKOT TANGERANG RESMI SELENGGARAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SIANG HARI SELAMA RAMADAN   SATGAS COVID-19 SEBUT TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF DAN KEMATIAN COVID-19 DALAM SEPEKAN TERAKHIR    BAKAMLA SERAHKAN BERKAS PERKARA ABK DAN BARANG BUKTI KAPAL IKAN VIETNAM KE PSDKP BATAM    IBADAH HAJI MASIH TUNGGU KEPASTIAN DARI ARAB SAUDI, KEMENAG LAKUKAN VAKSINASI TERHADAP CALON HAJI    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN AKAN MINTA PRESIDEN JOKOWI NEGOSIASI KE TIONGKOK TAMBAH DOSIS VAKSIN SINOVAC