Kompas TV internasional kompas dunia

Vatikan: Vaksin yang Dikembangkan Dengan Jaringan Sel Janin Hasil Aborsi Secara Moral Dapat Diterima

Kamis, 24 Desember 2020 | 10:33 WIB
vatikan-vaksin-yang-dikembangkan-dengan-jaringan-sel-janin-hasil-aborsi-secara-moral-dapat-diterima
Paus Fransiskus ketika memimpin ibadah doa sore di Vatikan, Minggu (20/12/2020). Pada Senin (22/12/2020) Kongregasi Doktrin Iman Vatikan menyatakan, penggunaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan dengan menggunakan jaringan sel dari janin hasil aborsi, secara moral dapat diterima. (Sumber: Associated Press)

VATIKAN, KOMPAS.TV – Kongregasi Doktrin Iman Vatikan menyatakan, penggunaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan dengan menggunakan jaringan sel dari janin hasil aborsi, secara moral dapat diterima. Jika tidak ada alternatif lain, maka vaksin semacam itu dapat digunakan dengan hati nurani yang baik. Hal ini disampaikan dalam penyataannya pada Senin (21/12/2020).

Seperti dikutip dari BBC, dalam beberapa bulan terakhir, kongregasi telah menerima permintaan berupa panduan penggunaan vaksin untuk virus corona. Vaksin ini diketahui menggunakan lini sel yang diambil dari jaringan yang diperoleh dari janin hasil aborsi yang terjadi puluhan tahun lalu, dalam proses penelitian dan produksinya.

Vatikan menegaskan, penggunaan vaksin ini diperbolehkan, namun Vatikan tidak serta merta melegitimasi praktik aborsi.

Baca Juga: Keengganan Paus Fransiskus Memakai Masker Timbulkan Kekhawatiran

"Semua vaksinasi yang diakui aman dan efektif secara klinis, dapat digunakan dengan hati nurani yang baik," tulis Kongregasi Doktrin Iman Vatikan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC.

Pernyataan itu telah mendapat persetujuan dari Paus Fransiskus. Selain itu, Paus juga mengatakan ada keharusan moral untuk memastikan bahwa negara-negara yang miskin juga mendapat akses pada vaksin yang efektif.

Sebelumnya, pro dan kontra terkait virus corona telah memecah belah tokoh gereja. Namun, Konferensi Uskup Katolik AS menyetujui penggunaan vaksin Covid-19.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:13
PELATIH JUERGEN KLOPP SEBUT LIVERPOOL KALAH DI STADION ANFIELD KARENA KETIDAKHADIRAN FANS    POLDA PAPUA SEGERA KIRIM 1 PLETON BRIMOB UNTUK BANTU PENGEJARAN TERHADAP KKB DI DISTRIK BEOGA, KABUPATEN PUNCAK   PGRI MINTA JAMINAN KESELAMATAN PARA GURU DARI PEMERINTAH PASCA-TEWASNYA 2 GURU OLEH KKB DI DISTRIK BEOGA   PEMPROV KALSEL SIAP DATANGKAN DOKTER SPESIALIS UNTUK TANGANI SITI RAISA MIRANDA, PENDERITA SINDROM PUTRI TIDUR   PEMERINTAH RESMI BUKA 1.275.387 FORMASI DALAM PELAKSANAAN SELEKSI CALON APARATUR SIPIL NEGARA (CASN) 2021   MENHAN PRABOWO SUBIANTO BENTUK DETASEMEN KAWAL KHUSUS (DENWALSUS) UNTUK TAMU MILITER KEMENHAN   WAKIL WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE PASTIKAN STOK PANGAN DI WILAYAHNYA AMAN SEPANJANG RAMADAN 2021   PEMERINTAH SIAPKAN RP 418 TRILIUN UNTUK BANTUAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BAGI ALUMNI KARTU PRAKERJA   POLDA METRO JAYA SEBUT ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA    TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, DIRLANTAS POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA    PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN    GUBERNUR DIY SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH