Kompas TV kolom opini

Satu Jam Bersama Pak Jusuf Kalla di Vatikan

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 22:06 WIB
satu-jam-bersama-pak-jusuf-kalla-di-vatikan
(Sumber: Padre Marco SVD. )

Oleh: Padre Marco SVD. Rohawiawan Katolik, bekerja di Tahta Suci

Semua orang Indonsia pasti kenal Pak Jusuf Kalla (JK). Beliau seorang Pengusaha sukses dan Politikus bangsa kita.  Dua kali menjadi Wakil Presiden.  Mula-mula jadi Wapres ke-10 mendampingi Presiden SBY (2004-2009) lalu sebagai Wapres ke-12 pada Presiden Jokowi (2014-2019).

Sebagai WNI, sekalipun sudah lama berdomisili di Eropa, saya juga mengenal beliau dan segala perkembangan karir politiknya. Paling kurang lewat media.

Tidak pernah terbayang kalau hari ini saya bertemu Pak JK di Vatikan dan menghabiskan satu jam bersama beliau.  Beliau datang untuk bertemu Paus Fransiskus atas undangan Komisi Tinggi Dokumen Abu Dhabi  “Persaudaraan Insani“ (Human Fraternity)  yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar al-Azhar, Dr. Ahmad al-Tayyib di Abu Dhabi, tanggal 4 Pebruari 2019 tahun lalu itu.

Pak JK dipilih oleh Komisi Tinggi, untuk menjadi salah satu anggota Dewan Juri untuk menominasi penerima Zayed Award dari Dokumen Abu Dhabi di atas yang akan diserahkan pada Hari Ulang Tahun ke-3 dari Dokumen tersebut pada  4 Pebruari 2021 mendatang.

Tim juri internasional yang terdiri dari 6 orang itu diterima Paus Fransiskus tadi pagi, 23 Oktober 2020, di Istana Kepausan Vatikan.  

Pertemuan mereka berlangsung selama satu jam.  Artinya,  satu jam lamanya Pak JK berada sangat dekat dengan Paus Fransiskus.  Apalagi jumlah mereka hanya enam orang. Tentu pertemuan itu sangat spesial.

Penulis : Zaki Amrullah

1
2
3
4



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Apindo Jabar Keberatan Kenaikan UMK

Jumat, 27 November 2020 | 12:39 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:24
PRESIDEN AS DONALD TRUMP SEBUT VAKSIN COVID-19 DIDISTRIBUSIKAN PEKAN DEPAN   KASUS COVID-19 DI BANYUMAS NAIK, DINAS PARIWISATA SETEMPAT TUTUP LOKAWISATA BATURADEN   PEMKOT JAKARTA TIMUR MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI 9.426 TITIK UNTUK CEGAH COVID-19   LURAH MAKASAR ARIYANTORO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, PELAYANAN KELURAHAN DIPINDAHKAN KE KECAMATAN   TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, LURAH MAKASAR, JAKARTA TIMUR, AROYANTORO JALANI ISOLASI   KEMLU: KASUS BARU COVID-19 WNI DI LUAR NEGERI BERTAMBAH DI AMERIKA SERIKAT, ITALIA, JEPANG, KORSEL, KUWAIT, & VATIKAN   HINGGA 27 NOVEMBER 2020, KEMLU MENCATAT 2.003 WNI DI LUAR NEGERI TERKONFIRMASI POSITIF KORONA   PLT DIRUT RSUD TARAKAN MENGATAKAN 121 TENAGA KESEHATAN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KODIM 0501 JAKARTA PUSAT GELAR TES CEPAT COVID-19 DI KELURAHAN PETAMBURAN, TANAH ABANG, JAKPUS   KPK: EDHY PRABOWO BELI SEPEDA MEWAH SAAT DI LUAR NEGERI   KPU KOTA SURAKARTA TEMUKAN 2.780 SURAT SUARA RUSAK   JELANG PILKADA, SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT JAGA JARAK AMAN & LAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN DI TPS   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM MENCATAT 800 PERUSAHAAN BANGKRUT AKIBAT PANDEMI COVID-19   HARI INI, MENDAG AGUS SUPARMANTO LEPAS EKSPOR 15 TON IKAN TUNA DARI SISTEM RESI GUDANG DI BENOA BALI KE KOREA SELATAN