Kompas TV nasional peristiwa

Ambroncius Nababan Minta Maaf pada Natalius Pigai dan Masyarakat Papua

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 01:53 WIB
ambroncius-nababan-minta-maaf-pada-natalius-pigai-dan-masyarakat-papua
Polisi layangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap Ambroncius Nababan yang telah bersikap rasis terhadap Natalius Pigai. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin), Ambroncius Nababan, akhirnya meminta maaf kepada mantan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai dan masyarakat Papua.

Permintaan maaf tersebut disampaikan Ambroncius Nababan lantaran terkait dugaan tindak rasialisme yang telah dilakukannya kepada Natalius Pigai.

Baca Juga: Kasus Rasisme pada Natalius Pigai, Kapolda Papua: Tangkap Pelakunya, Termasuk Orang yang Memviralkan

"Saya memohon maaf kepada Saudara Natalius Pigai dan masyarakat Papua. Mungkin ada yang tersinggung dan menganggap saya menghina masyarakat luas, apalagi melakukan rasis," kata Ambroncius melalui video yang diunggah di akun Youtube Widjaja Tjahjadi, Senin (25/1/2021).

Ambroncius mengaku, tidak mungkin melakukan tindakan rasialisme terhadap masyarakat Papua karena sudah diadati di Papua lewat acara lompat piring dan bakar batu.

Adapun ujaran rasialisme yang dilakukannya itu hanya ditujukan kepada Natalius Pigai, bukan kepada masyarakat Papua secara keseluruhan.

"Tidak mungkin saya melukai hati masyarakat Papua yang sangat saya cintai ini. Ini hanya terhadap Saudara NP (Natalius Pigai), yang ketepatan dia anak Papua juga," ucapnya.

Baca Juga: Ambroncius Jelaskan Postingannya yang Tampilkan Foto Natalius Pigai dengan Gorila

"Ini benar-benar ditujukan kepada Saudara NP tersebut, bukan kepada masyarakat Papua secara keseluruhan."

Lebih lanjut, Ambroncius mengatakan, permintaan maafnya kepada seluruh masyarakat Papua ini benar-benar disampaikan secara tulus.

"Saya benar-benar dengan hati yang tulus meminta maaf ke seluruh masyarakat Papua," kata Ambroncius.

"Mohon hal ini tidak menjadikan kita jadi salah pengertian, miskomunikasi dan mudah-mudahan hal ini bisa dimaklumi dan dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya buat saya."

Baca Juga: Posting Foto Natalius Pigai, Ambroncius Nababan Bantah Hina Orang Papua

Lebih lanjut, Ambroncius pun menuturkan, bahwa dirinya siap menghadapi gugatan hukum yang akan dilayangkan oleh Natalius Pigai.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x