Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Telepon Kanada dan Meksiko Meski Sedang Tak Akur, Bahas Proyek Pipa Minyak dan Vaksin

Minggu, 24 Januari 2021 | 00:24 WIB
biden-telepon-kanada-dan-meksiko-meski-sedang-tak-akur-bahas-proyek-pipa-minyak-dan-vaksin
Presiden AS Joe Biden saat memberikan keterangan seputar perekonomian AS di Gedung Putih, Washington, AS, Jumat (22/1). (Sumber: AP Photo / Evan Vucci)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Usai resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46, tak membuang waktu, Joe Biden segera mengadakan kontak telepon dengan para pemimpin negara tetangga, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. Biden melakukan kontak di tengah situasi hubungan antar negara yang boleh dibilang, sedang tak akur.

Biden menelepon Trudeau pada Jumat (22/1), setelah PM Kanada itu mengungkapkan kekecewaannya secara terbuka terkait keputusan Biden mengeluarkan perintah eksekutif untuk menghentikan pembangunan pipa minyak Keystone XL. Proyek yang sudah sejak lama menjadi sengketa itu diproyeksikan membawa sekitar 800.000 barel minyak sehari dari pasir ter di Alberta ke Pesisir Teluk Texas, melintasi Montana, Dakota Selatan, Nebraska, Kansas dan Oklahoma.

Baca Juga: Sentil Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau: Kebebasan Berekspresi Ada Batasnya

Menurut seorang pejabat senior Kanada, Biden mengatakan pada Trudeau bahwa dengan mengeluarkan perintah tersebut, ia memenuhi janji kampanyenya untuk menghentikan pembangunan pipa minyak itu.  

Dikutip dari Associated Press, dalam pernyataannya, Gedung Putih menyadari kekecewaan Trudeau soal keputusan Biden terkait proyek Keystone itu.

Biden Menelepon Presiden Lopez Obrador

Di hari yang sama, Biden juga mengadakan pembicaraan pribadi dengan Lopez Obrador. Beberapa hari sebelumnya, sang Presiden Meksiko menuding bahwa Administrasi Penegakan Narkoba AS telah memalsukan tuduhan perdagangan narkoba terhadap mantan menteri pertahanan negara itu.

Penulis : Vyara Lestari


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Sabtu, 27 Februari 2021 | 01:56 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:27
BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN, MALUKU UTARA, JUMAT MALAM TAK BERPOTENSI TSUNAMI   MULAI 26 FEBRUARI 2021, PEMPROV DKI JAKARTA UJI COBA JALUR SEPEDA PERMANEN SUDIRMAN-THAMRIN    KSPI MENOLAK KERAS JIKA BIAYA VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG DIBEBANI KEPADA BURUH    WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKI LAKA LENA INGATKAN PENDATAAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DIPERJELAS & DETAIL    WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT VAKSINASI BAGI TENAGA KESEHATAN BAIK UNTUK DOSIS 1 DAN 2 SUDAH MENCAPAI 65,3 PERSEN   KEMENKES: PESERTA VAKSINASI GOTONG ROYONG AKAN MENDAPATKAN KARTU VAKSINASI COVID-19 DAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK    KEMENKES MENYATAKAN AKAN TETAPKAN TARIF MAKSIMAL PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   MENHUB: LAYANAN TES COVID-19 GENOSE SUDAH MULAI DITERAPKAN DI PELABUHAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   KEMENKES SEBUT VAKSIN SINOVAC, ASTRAZENECA, NOVAVAX, DAN PFIZER TAK DIGUNAKAN DALAM VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA AKAN MENJADI IMPORTIR DAN DISTRIBUTOR VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA MENYATAKAN JENIS VAKSIN GOTONG ROYONG HARUS BERBEDA DENGAN VAKSIN UNTUK PROGRAM PEMERINTAH    KEMENKES: VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG HARUS MENDAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT DARI BPOM    KEMENTERIAN BUMN SEBUT BIAYA VAKSINASI GOTONG ROYONG UNTUK BURUH DAN KARYAWAN SWASTA DITANGGUNG PERUSAHAAN    KEMENTERIAN BUMN: 6.664 PERUSAHAAN TELAH DAFTAR PROGRAM VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG MELALUI KADIN