Kompas TV nasional update corona

Begini Reaksi Tubuh Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 17 Januari 2021, 12:01 WIB
begini-reaksi-tubuh-setelah-disuntik-vaksin-covid-19-dan-cara-mengatasinya
Satu paket vaksin eksperimental untuk Covid-19 di Quality Control Laboratory di the Sinovac Biotech, Beijing, China. Gambar diambil pada 29 April 2020. (Sumber: AFP/NICOLAS ASFOURI via Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Vaksinasi Covid-19 sudah berlangsung sejak Rabu (13/1/2021) kemarin. Adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi orang pertama yang disuntikkan vaksin Covid-19 dari Sinovac itu.

Selanjutnya, pemerintah menargetkan pemberian vaksin Covid-19 kepada 181 juta penduduk Indonesia yang akan dilakukan secara bertahap.

Vaksinasi virus corna ini dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat pada Senin (11/1/2021).

Baca Juga: WHO Sarankan Bukti Vaksinasi Covid-19 Tidak Menjadi Syarat Perjalanan Internasional

Terkait vaksinasi ini, banyak masyarakat di Tanah Air mungkin masih bertanya-tanya mengenai efek samping yang mungkin timbul setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Masyarakat khawatir vaksin virus corona bisa menimbulkan efek samping serius.
Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantahnya.

Kemenkes menegaskan bahwa vaksin Covid-19 tidak menimbulkan efek samping serius.

Hal tersebut diperkuat dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes No. HK. 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga: Penerima Vaksin: Tidak Ada Yang Perlu Ditakutkan Dari Vaksin Covid-19 - ROSI

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa secara umum, vaksin Covid-19 tidak menimbulkan reaksi berlebihan pada tubuh. Melainkan hanga menimbulkan reaksi ringan saja.

Diketahui, vaksinasi menyebabkan sistem kekebalan tubuh penerima atau orang yang disuntikkan bereaksi terhadap antigen yang terkandung dalam vaksin Covid-19 tersebut.

Reaksi lokal dan sistemik seperti nyeri pada tempat suntikan atau demam dapat terjadi sebagai bagian dari respons imun. Komponen vaksin lainnya, misalnya bahan pembantu, penstabil, dan pengawet juga dapat memicu reaksi.

Vaksin yang berkualitas adalah vaksin yang menimbulkan reaksi ringan seminimal mungkin, namun tetap memicu respons imun terbaik. Frekuensi terjadinya reaksi ringan vaksinasi ditentukan oleh jenis vaksin.

Baca Juga: Jumlah Kematian Covid-19 Terbanyak Kedua Dunia Setelah AS, Brasil Belum Juga Mulai Vaksinasi

Dalam Surat Keputusan yang ditetapkan Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Muhammad Budi Hidayat pada 2 Januari 2021 tersebut, diterangkan bahwa reaksi yang mungkin terjadi setelah vaksinasi Covid-19 hampir sama dengan vaksin yang lain.

Beberapa gejala atau reaksi yang timbul setelah disuntik vaksin virus corona di antaranya sebagai berikut:

1. Reaksi Lokal

Reaksi lokal yang timbul pasca disuntik vaksin virus corona antara lain nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan. Reaksi lokal lain yang berat, misalnya selulitis.

Baca Juga: Masyarakat Ragu Vaksinasi Covid-19, Menkes: Tolong Pahami



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x