Kompas TV nasional sosial

Muhadjir Effendy Pastikan Bansos Diterima Tepat Sasaran

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 12:53 WIB
muhadjir-effendy-pastikan-bansos-diterima-tepat-sasaran
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. (Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah melakukan pemetaan terhadap penerima manfaat bantuan sosial (bansos). Pemetaan tersebut dilakukan agar bansos tunai yang disalurkan bisa diterima tepat sasaran.

"Pemerintah sudah melakukan pemetaan terhadap penerima manfaat baik secara geospasial maupun kondisi sosial ekonomi sehingga dipastikan bantuan sosial dapat diterima tepat sasaran," kata Muhadjir, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga: Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair, Cara Ceknya Login dtks.kemensos.go.id

Berkaca pada pengalaman, Muhadjir mengatakan evaluasi dan pembenahan akan terus dilakukan agar penyaluran bansos lebih baik lagi.  Selain itu, tambah Muhadjir, pemerintah juga memperketat pengawasan penyaluran bantuan sosial tunai untuk mengantisipasi penyimpangan. Salah satu pengetatan pengawasan dilakukan adalah dengan melibatkan masyarakat di dalamnya disamping pemerintah daerah.

"Presiden Jokowi sudah mengundang para gubernur seluruh Indonesia dan meminta kepala daerah, baik gubernur, bupati, walikota agar aktif melakukan pengawasan, pengendalian terhadap penyaluran bansos," ujar Muhadjir.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Bansos Ini Nilainya Utuh, Tidak Ada Potongan-Potongan

Muhadjir meminta kepada masyarakat untuk berani melapor jika terjadi penyimpangan bansos. Apalagi mekanisme penyaluran bansos 2021 kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk tunai.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan APBN tahun 2021 siapkan anggaran Rp 110 triliun untuk penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19. Ia menegaskan tidak boleh ada pemotongan dalam proses penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat.

Baca Juga: Bansos Tunai Covid-19 Tahun 2021, Pemerintah Salurkan 3 Jenis Bansos

"Ini juga saya ulang-ulang terus, agar bantuan yang diterima ini nilainya utuh, tidak ada potongan-potongan. Supaya diingatkan ini kepada penerima dan tetangga-tetangga yang tidak datang hari ini diberitahu, tidak ada potongan-potongan," tegasnya.

Jokowi pun meminta para menteri dan kepala daerah untuk secara ketat mengawal proses penyaluran bantuan. "Saya perintahkan kepada para menteri, kepada para gubernur agar mengawal proses penyaluran ini agar cepat, bisa tepat sasaran, dan tadi diawasi, tidak ada potongan-potongan apa pun," tegasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x