Kompas TV nasional sosial

Kenaikan BPJS Kesehatan Dinilai Malah Tambah Tunggakan karena Pandemi, Perlu Evaluasi

Senin, 28 Desember 2020 | 08:05 WIB
kenaikan-bpjs-kesehatan-dinilai-malah-tambah-tunggakan-karena-pandemi-perlu-evaluasi
Ilustrasi: Kantor BPJS Kesehatan Pamekasan ramai dikunjungi warga. Kenaikan BPJS Kesehatan Dinilai Malah Tambah Tunggakan karena Pandemi, Perlu Evaluasi. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansyah menyoroti kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menurutnya, perlu ada evaluasi terkait dengan penyesuaian iuran BPJS Kesehatan tersebut.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini juga sebaiknya mempertimbangkan kondisi pandemi yang masih terjadi.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Per 1 Januari 2021, Berikut Rincian Biaya Kelas I, II, dan III

Terlebih lagi pada awal tahun 2021 mendatang peserta mandiri khususnya kelas III mengalami kenaikan iuran menjadi Rp 35.000 karena subsidi Pemerintah diturunkan menjadi Rp 7.000.

Kenaikan iuran dinilai akan menambah jumlah peserta yang menunggak melihat kondisi perekonomian terdampak pandemi.

"Kenaikan terbaru itu justru tambah tunggakan karena kondisi makin nggak terkendali karena pandemi. Pandemi ini kan kondisi extraordinary, darurat. Kaitannya dengan anggaran JKN mau nggak mau menyusut, yang kemungkinan bisa berkurang layanan, berkurang perlindungan, jadi program JKN nggak optimal," jelas Trubus, Minggu (27/12), dikutip dari Kontan.co.id.

Penulis : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:23
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA