Kompas TV internasional kompas dunia

Ratusan Tentara Jerman Uji Coba Vaksinasi Bagi Manula

Kompas.tv - 24 Desember 2020, 00:17 WIB
ratusan-tentara-jerman-uji-coba-vaksinasi-bagi-manula
Para tentara Jerman beralih peran menjadi para manula yang akan menjadi kelompok pertama penerima vaksin Covid-19 di Berlin, Jerman, Rabu (23/12). (Sumber: Kay Nietfeld / dpa via AP)
Penulis : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV – Kesiap siagaan adalah kunci. Rupanya, inilah yang ada dalam benak Jerman yang tengah bersiap melakukan vaksinasi massal bagi jutaan warganya.

Sekitar 300 tentara ikut ambil bagian dalam uji coba menjelang pembukaan sebuah pusat vaksinasi di Berlin, Jerman pada Rabu (23/12). Dikutip dari Associated Press, dalam uji coba tersebut, ratusan tentara Jerman berganti peran menjadi para manula yang akan menjadi kelompok pertama penerima vaksin Covid-19.

Baca Juga: Tingginya Angka Kematian Akibat Covid-19 Membuat Krematorium di Jerman Kewalahan

Dalam uji coba yang digelar oleh Palang Merah Jerman ini, sebagian tentara Jerman menjalani peran sebagai manula renta yang duduk di kursi roda dan mengantri untuk menerima dosis suntikan vaksin. Sebagian lainnya berperan sebagai para petugas kesehatan.

Para pejabat Jerman rupanya ingin melihat sejauh mana para manula yang mungkin mengalami kesulitan berjalan atau memiliki masalah pendengaran mampu melalui proses vaksinasi yang memakan waktu selama 70 menit atau lebih dari 1 jam itu.

Baca Juga: Gelombang Kedua Covid-19 di Jerman Diperkirakan akan Lebih Buruk dari yang Pertama

Uji coba serupa juga digelar di seluruh penjuru Jerman yang akan membuka lebih dari 400 pusat vaksinasi massal. Ratusan pusat vaksinasi ini disiapkan untuk melakukan imunisasi yang akan dimulai pada hari Minggu (27/12) mendatang.

Baca Juga: Tingginya Angka Kematian Akibat Covid-19 Membuat Krematorium di Jerman Kewalahan

Selain pusat vaksinasi, pemerintah Jerman juga menyiapkan sejumlah tim vaksinasi bergerak yang akan mengunjungi panti-panti jompo untuk menjangkau para manula yang tidak mampu berjalan, yang menjadi bagian kelompok usia paling rentan terpapar Covid-19.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x