Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Rusia Vladimir Putin Ucapkan Selamat Kepada Joe Biden

Kompas.tv - 15 Desember 2020, 20:17 WIB
presiden-rusia-vladimir-putin-ucapkan-selamat-kepada-joe-biden
Dalam file foto 10 Maret 2011 ini, Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden, kiri, berjabat tangan dengan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberi selamat kepada Joe Biden karena memenangkan pemilihan presiden AS (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

MOSKOW, KOMPAS TV — Presiden Rusia Vladimir Putin hari Selasa (15/12/2020) memberi ucapan selamat kepada Joe Biden yang sudah resmi memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat, demikian dilaporkan Associated Press.

Ucapan selamat Putin kepada Biden datang satu hari setelah Electoral College memastikan Joe Biden adalah presiden berikutnya, mengesahkan kemenangan Joe Biden pada pemilihan umum yang digelar November kemarin. Pengesahan itu datang adalah penolakan dari negara-negara bagian atas tindakan Trump yang menolak mengakui bahwa dirinya kalah dalam pemilu kemarin.  

Kremlin sebelumnya mengatakan, Vladimir Putin menahan diri untuk tidak memberi selamat kepada Biden hingga pemenangnya dipastikan secara resmi,"Kami hanya menunggu akhir dari konfrontasi politik internal," tutur Putin, menyitir banyaknya tuntutan partai Republik atas penghitungan suara. 

Baca Juga: Rusia Gelar Latihan Nuklir Strategis

Dalam pesannya, Putin mendoakan, "seluruh kesuksesan," dan mengungkapkan keyakinan bahwa "Rusia dan Amerika Serikat yang memanggul tanggung jawab keamanan dan stabilitas global bisa, terlepas dari perbedaan yang ada, untuk memberi sumbangan bagi jalan keluar atas banyaknya masalah dan tantangan yang saat ini dihadapi dunia,"

Presiden Rusia itu juga memberi catatan bahwa,"Kerja sama Rusia - Amerika Serikat yang berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menghormati akan sesuai dengan kepentingan rakyat kedua negara serta dunia internasional,"

"Untuk peran saya, saya siap melakukan kontak dan interaksi dengan anda," tutur Putin dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Kremlin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x