Kompas TV internasional kompas dunia

Washington Berlakukan Pembatasan Sosial Baru

Kompas.tv - 16 November 2020, 04:32 WIB
washington-berlakukan-pembatasan-sosial-baru
Gubernur Washington Jay Inslee ketika mengumumkan pembatasan sosial baru yang diberlakukan di wilayahnya, Minggu (15/11/2020). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Gubernur Washington, Amerika Serikat (AS), Jay Inslee mengumumkan pembatasan sosial baru yang akan berlaku hingga empat minggu ke depan. Pembatasan sosial ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona.

Mulai pukul 12:01 Selasa pagi, sejumlah bisnis harus menutup layanan yang dilakukan di dalam ruangan. Beberapa bisnis yang harus menutup usaha mereka adalah pusat kebugaran, permainan bowling, dan bioskop.

Toko retail, termasuk toko grosir, harus membatasi kapasitas dalam ruangan hingga 25%.

Baca Juga: Kota Chicago Terapkan Aturan Pembatasan Sosial Baru

Selain itu, pertemuan sosial dalam ruangan yang dihadiri oleh orang-orang yang bukan dari satu keluarga juga dilarang. Kecuali jika peserta pertemuan telah dikarantina selama 14 hari sebelum pertemuan, atau dinyatakan negatif Covid-19 dan telah dikarantina selama tujuh hari.

Pembatasan sosial ini diberlakukan ketika Washington melihat jumlah kasus harian yang meningkat secara konsisten, dengan lebih dari 2.000 kasus sehari selama akhir pekan terakhir. Selain itu, rata-rata kasus di negara bagian itu berlipat ganda selama dua minggu terakhir.

"Lonjakan ini menempatkan kami pada posisi yang lebih berbahaya seperti pada bulan Maret," kata Inslee dalam konferensi pers hari Minggu (15/11/2020).

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, New York Berlakukan Pembatasan Sosial

“Dan itu berarti sudah waktunya untuk memberlakukan kembali pembatasan aktivitas di seluruh negara bagian untuk menjaga kesejahteraan publik, dan untuk menyelamatkan nyawa,” ujarnya seperti dikutip dari website resmi Gubernur Inslee.

Menurutnya, ini adalah keputusan yang sangat sulit dan memiliki konsekuensi sangat nyata bagi mata pencaharian masyarakat. Namun demikian, dia harus bertindak cepat untuk memperlambat penyebaran penyakit.

Baca Juga: Covid-19 Cetak Rekor Harian, Polandia Perketat Pembatasan Sosial

Pembatasan ini berlaku di seluruh negara bagian dan akan berlaku mulai Senin, 16 November pukul 23.59 hingga Senin, 14 Desember mendatang. Namun untuk pembatasan restoran akan berlaku pada Rabu, 18 November pukul 12:01.

Untuk membantu mengurangi dampak keuangan pada bisnis dan karyawan, pemerintah akan memberikan bantuan sebesar $AS 50 juta (sekitar Rp 707 miliar). Para pelaku bisnis yang terdampak aturan ini, juga dapat mengajukan pinjaman kepada bank lokal.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x