Kompas TV internasional kompas dunia

Mesir Pamerkan Penemuan Peti Mati Berisi Mumi di Pekuburan Firaun, Usianya 2.500 Tahun

Kompas.tv - 15 November 2020, 17:28 WIB
mesir-pamerkan-penemuan-peti-mati-berisi-mumi-di-pekuburan-firaun-usianya-2-500-tahun
Sarkofagus kuno, ditemukan di sebuah pekuburan yang luas, dipamerkan di Saqqara, Giza, Mesir, Sabtu, 14 November 2020. (Sumber: AP/Nariman El-Mofty )
Penulis : Fadhilah

KAIRO, KOMPAS.TV - Para pejabat Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan 100 peti mati kuno dengan beberapa mumi di dalamnya pada Sabtu (14/11/2020).

Tak hanya itu, mereka juga menemukan sekitar 40 patung emas di pekuburan Firaun yang luas di bagian Selatan Kairo.

Sarkofagus yang berwarna-warni serta patung yang dikubur itu diprediksi berusia lebih dari 2.500 tahun.

Saat ini benda purbakala itu ditampilkan dalam pameran sementara di kaki Piramida Bertangga Djoser atau 'Step Pyramid of Djoser' yang terkenal di Saqqara.

Baca Juga: Wow, 59 Peti Mati Berusia Lebih dari 2.500 Tahun Ditemukan di Mesir

Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Tertinggi berbicara tentang sarkofagus kuno berusia lebih dari 2500 tahun yang ditemukan di sebuah pekuburan yang luas, ketika para arkeolog melakukan sinar-X untuk memvisualisasikan struktur mumi kuno, di Saqqara, Giza, Mesir, Sabtu, 14 November 2020. (Sumber: AP/Nariman El-Mofty)

Para arkeolog membuka peti mati kuno dengan mumi yang masih berbalut kain di dalamnya.

Mereka juga melakukan sinar-X untuk memvisualisasikan struktur mumi purba yang menunjukkan bagaimana tubuh mereka diawetkan.

Menteri Pariwisata dan Purbakala Khaled El Anany mengatakan pada konferensi pers bahwa barang-barang yang ditemukan berasal dari dinasti Ptolemeus yang memerintah Mesir selama sekitar 300 tahun, dari sekitar 320 SM sampai sekitar 30 SM, dan Periode Akhir (664-332 SM).

Menurutnya, mereka akan memindahkan artefak ke setidaknya tiga museum Kairo termasuk Museum Agung Mesir yang dibangun dekat Piramida Giza yang terkenal.

Pihaknya juga mengaku akan mengumumkan penemuan lain di permakaman Saqqara akhir tahun ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x