Kompas TV internasional kompas dunia

Wow, 59 Peti Mati Berusia Lebih dari 2.500 Tahun Ditemukan di Mesir

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 23:43 WIB
wow-59-peti-mati-berusia-lebih-dari-2-500-tahun-ditemukan-di-mesir
Ilustrasi peti mati kuno Mesir. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati

KAIRO, KOMPS.TV - Penemuan arkeologi kembali terjadi di Mesir. Kali ini adalah 59 peti mati kuno yang diperkirakan berusia lebih dari 2.500 tahun.

Penemuan tersebut diungkapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Benda Antik Mesir.

Peti mati tersebut terbuat dari kayu dan saat dibuka, dan masih terdapat mumi di dalamnya ketika dibuka oleh tim arkeologi.

Baca Juga: Gubernur di Afghanistan Jadi Target Serangan Bom Bunuh Diri, 8 Orang Tewas

Seperti dikutip Al-Jazeera, mumi-mumi tersebut masih terbungkus dengan kain penguburan yang memiliki tulisan hieroglif dengan warna-warna cerah.

Ke-59 peti mati tersebut ditemukan di sebuah kuburan luas Saqqara, pekuburan Ibu Kota Mesir Kuno Memphis, sebelah selatan Kairo.

“Kami merasa senang dengan penemuan ini,” ujar Sekretaris Jenderal Mahkamah Agung Barang Antik Mesir, Mostafa Waziri.

Penemuan ini hanya berselang tiga pekan dari penemuan 13 peti mati pertama. Kala itu mereka ditemukan dari penggalian sedalam 12 meter.

Baca Juga: Berniat Selfie, Kedua Mahasiswi Ini Malah Jatuh dari Atap Apartemen

Menurut Menteri Pariwisata dan Barang Antik Mesir, Khaled Al-Anani menegaskan saat ini masih belum diketahui jumlah peti yang terkubur.

Menurut Al-Anani peti-peti tersebut sudah terkubur lebih dari 2.500 tahun lalu atau sekitar aban ke-6 atau ke-7 sebelum masehi, sekitar periode akhir Mesir kuno.

Penggalian di Saqqara sendiri pada beberapa tahun telah menemukan sejumlah artefak seperti mumifikasi dari ular, burung, kumbang scarab dan hewan lainnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x