Kompas TV regional berita daerah

Latihan Perang, TNI AU Kerahkan 39 Pesawat Tempur untuk Melancarkan Serangan Udara

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 20:40 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Prajutrit Komando Operasi Satuan TNI Angkatan Udara II atau Koopsau II menggelar latihan tempur di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Dalam latihan ini, 39 pesawat tempur dikerahkan lengkap dengan bom, roket maupun peluru tajamnya.

Latihan tempur dengan sandi sikatan daya tersebut digelar pada Selasa siang (29/09) di Lapangan Air Weapon Range, Desa Pandanwangi, Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: Bupati Lumajang Dorong Latihan Tempur TNI Jadi Wisata Militer yang Dapat Disaksikan Warga

Dalam latihan ini, personel  TNI AU mensimulasikan beberapa operasi udara, mulai dari operasi intelijen udara, operasi udara serangan strategis, operasi udara perlawanan, operasi dukungan udara atau pengisian bahan bakar di udara hingga penerjunan.

Ada 700 lebih personel yang dilibatkan dalam latihan tersebut. Mereka berasal dari 3 Pangkalan Udara Tipe A, yakni Lanud Abdurrahman Saleh Malang, Lanud Iswahyudi Madiun dan Lanud Muljono Surabaya.

Baca Juga: Arhanud TNI AD Uji Coba Rudal Canggih Mistral dan Starstreak

Latihan tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. KASAU mengapresiasi para prajuritnya, yang telah menunjukkan kemampuan terbaiknya di atas udara Lumajang.

Kasau juga berharap latihan tersebut dapat ditingkatkan lagi agar kemampuan personel maupun alutsista TNI AU siap digunakan kapan saja guna menjaga kedaulatan NKRI dari udara.

 

#LatihanPerang #TNIAU #PesawatTempur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x