Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Malaysia dengan Tegas Tolak Klaim China atas Laut China Selatan

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 16:28 WIB
mengejutkan-malaysia-dengan-tegas-tolak-klaim-china-atas-laut-china-selatan
Suasana di Laut China Selatan. (Sumber: AP)
Penulis : Haryo Jati

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Malaysia akhirnya bertindak tegas dengan menolak klaim China terkait teritori di Laut China Selatan.

Tindakan Malaysia tersebut cukup mengejutkan mengingat China merupakan rekan terbesar mereka dalam melakukan perdagangan.

Pemerintah Malaysia telah melakukan pengajuan ke PBB dua pekan lalu tentang haknya atas bagian dari landas kontinen laut di luar 200 mil, dari garis pangkal negara.

Baca Juga: China Klaim Temukan Corona pada Sayap Ayam Impor dari Brazil

Menurut Menterli Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Husein, hal itu menjadi respons atas klaim China ke PBB pada 12 Desember lalu.

“Malaysia menentang klaim China bahwa mereka memiliki hak secara historis terkait perairan tersebut,” ujarnya dikutip dari Bloomberg.

“Pemerintah Malaysia juga menganggap klaim China terkait perairan di Laut China Selatan tak memiliki basis apapun di bawah hukum internasional,” tambahnya.

Teguran kepada China merupakan langkah yang tak biasa dilakukan Malaysia.

Mereka terbiasa menghindari untuk berhadapan dengan China secara terbuka, demi menjaga hubungan perdagangan kedua negara.

Baca Juga: Ditekan AS-Australia Terkait Laut China Selatan, Ini Respons China

Malaysia pun menjadi negara berikutnya yang menolak klaim China atas Laut China Selatan setelah Australia dan Amerika Serikat.

China sendiri telah membangun pangkalan dan pos terdepan lainnya usai mengklaim 80 persen dari jalur air seluas 1,4 juta mil persegi.

Selain China, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia dan Taiwan juga mengklaim bagian dari wilayah yang sama.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x