Kompas TV video cerita indonesia

Makna di Balik Desain Uang Khusus Kemerdekaan Rp 75.000

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 13:49 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Indonesia resmi meluncurkan uang khusus kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada hari ini (17/8/2020).

Uang khusus ini diterbitkan dalam uang kertas dengan nominal Rp 75.000. Jumlah lembaran yang dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Bank Indonesia menerbitkan uang rupiah khusus dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ada makna di balik desain uang kertas Rp 75.000 ini. Makna tersebut adalah:

Uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia ini memiliki ornamen tersendiri. Pada bagian depan diwarnai oleh gambaran peristiwa proklamasi kemerdekaan tahun 1945 serta hasil capaian Indonesia khususnya bidang infrastruktur yakni Jembatan Youtefa Papua, MRT Jakarta dan Tol Transjawa.

Sementara itu pada bagian belakang menggambarkan kebinekaan di Indonesia dengan visual para penerus bangsa yang menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah dan tanggap akan kemajuan teknologi digital.

Adapun tokoh yang dimunculkan pada Uang Peringatan Kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia adalah Ir Soekarno dan Drs Mohammad Hatta. Pemilihan kedua tokoh ini tak lain sebagai bentuk penghargaan atas segala jasa dan pengorbanannya di masa lampau dalam membawa Indonesia pada masa kemerdekaan.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x