> >

Facebook Rilis Label Baru untuk Bantu Tangkal Hoax Covid-19

Aplikasi | 16 April 2021, 18:02 WIB
Ilustrasi Facebook. (Sumber: Pexels)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Facebook merilis sebuah label baru yang berguna untuk membantu pengguna membedakan informasi resmi atau tidak resmi terkait Covid-19.

Tidak hanya itu, label ini juga berfungsi untuk menyaring informasi hoax seputar Covid-19 agar pengguna tidak tertipu dengan unggahan yang beredar di lini masa Facebook.

Hoax Covid-19 yang disebutkan merujuk ke segala sesuatu yang belum atau tidak disetujui WHO sebagai hal yang informatif, serta bukan bagian dari pusat informasi Corona milik Facebook.

Baca Juga: Fitur Baru, Facebook Kini Bisa Batasi Kolom Komentar

Menurut Facebook, label baru ini akan muncul secara otomatis di semua postingan Facebook yang mengandung unsur virus Covid-19.

Algoritma milik Facebook akan mengkaji ulang hal-hal yang dimuat dalam sebuah unggahan, apakah sudah sesuai dengan informasi resmi atau belum.

Jika unggahan yang dikaji tersebut dirasa masih belum sesuai atau bahkan berbau hoax Covid-19, maka Facebook akan memberikan sebuah label khusus yang menyarankan pengguna agar lebih berhati-hati dengan isi informasi itu.

Baca Juga: Satu Miliar Foto di Instagram Facebook Gunakan untuk Latih AI

Label baru Facebook yang membantu pengguna membedakan informasi resmi dan tidak resmi terkait Covid-19 (Sumber: 9to5Mac)

Melansir 9to5Mac, Kamis (15/4/2021), Facebook mengkonfirmasi bahwa label ini akan muncul bagi para pengguna di seluruh dunia.

Label ini akan terhubung ke Pusat Informasi Virus Corona (COVID-19) milik Facebook.

Penulis : Gempita Surya Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU