Kompas TV tekno internet

Satu Miliar Foto di Instagram Facebook Gunakan untuk Latih AI

Kompas.tv - 13 Maret 2021, 15:23 WIB
satu-miliar-foto-di-instagram-facebook-gunakan-untuk-latih-ai
Pemerintah Australia menyatakan Facebook akan mencabut pemblokiran atas akses berita di negara kanguru, Selasa (23/2/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Danang Suryo

SOLO, KOMPAS.TV - Induk perusahaan Instagram, Facebook dilaporkan tengah menggunakan sekitar satu miliar foto yang berada dalam database Instagram untuk melatih AI mereka.

Dalam laman blog Facebook, program AI bernama SEER (SElf-supERvised) itu belajar mengidentifikasi objek pada foto dengan menganalisis gambar publik Instagram secara acak, tak berlabel, dan tak diformat.

Melansir Kompas.com, Sabtu (13/03/2021) akurasi SEER berhasil mencapai 84,2 persen. Proyek penelitian ini, ungkap Facebook berpotensi dapat digunakan secara luas.

Baca Juga: Kebijakan Baru Facebook, Pengguna akan Sering Lihat Iklan saat Tonton Video Pendek

SEER bertujuan untuk membantu para tunanetra atau orang yang terganggu penglihatannya. Nantinya AI ini akan meningkatkan kemampuan teks alternatif otomatis juga mendeskripsikan berbagai foto yang ada di Instagram.

Selain itu SEER dapat melakukan kategorisasi pada Facebook Marketplace dan menjauhkan gambar berbahaya dari platform Facebook.

Facebook menilai kemampuan AI tersebut merupakan suatu terobosan yang membuka jalan model computer vision yang fleksibel, akurat, dan mudah beradaptasi.

Baca Juga: Gegara Fitur Tagging, Facebook Harus Bayar Rp 9,2 Triliun Usai Digugat oleh 1,6 Juta Penggunanya

Menanggapi privasi pada foto yang digunakan Facebook melalui Instagram, Priya Goyal, Insyinyur Perangkat Lunak Facebook mengungkap Instagram berhak menggunakan foto yang berada di database mereka.

"Dalam kebijakan data kami bahwa kami menggunakan informasi yang kami miliki untuk mendukung penelitian dan inovasi termasuk dalam kemajuan teknologi seperti ini," ujarnya.

Dalam laman kebijakan data Instagram tertulis pihaknya dapat mengumpulkan konten dan informasi lain yang pengguna berikan ketika menggunakan layanan Instagram.

Baca Juga: Instagram Lite Diluncurkan, Scrolling IG Bisa Lebih Hemat Kuota



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.