Kompas TV tekno aplikasi

Fitur Baru, Facebook Kini Bisa Batasi Kolom Komentar

Kompas.tv - 2 April 2021, 17:49 WIB
fitur-baru-facebook-kini-bisa-batasi-kolom-komentar
Ilustrasi Media sosial Facebook (Sumber: Pixabay.com)
Penulis : Gempita Surya | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media sosial Facebook meluncurkan pembaruan dengan menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna membatasi kolom komentar di unggahan mereka.

Fitur tersebut diperkenalkan pada Rabu (31/3/2021) melalui laman resmi Facebook. Dalam keterangannya, pengguna dapat mengakses fitur ini untuk mengontrol siapa saja orang yang boleh berkomentar di unggahan publik miliknya. 

"Dengan menyesuaikan siapa saja yang boleh berkomentar, Anda dapat mengobtrol percakapan yang ada di unggahan publik Anda dan membatasi interaksi-interaksi yang tidak diinginkan," tulis Facebook dalam laman resminya.

Baca Juga: Facebook Sedang Kembangkan Kacamata Pintar Teknologi AR, Mark Zuckerberg: Bisa Teleport di 2030

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa mengklik titik tiga horizontal yang ada pada unggahan publik mereka. Kemudian akan muncul jendela pemberitahuan kecil, klik pada "Who can comment your post".

Ada tiga opsi yang disediakan Facebook bagi pengguna untuk mengatur siapa saja yang bisa meninggalkan komentar di unggahan tersebut. Pengguna tinggal memilih antara opsi publik atau semua pengguna Facebook, Friends (teman), atau profil dan Facebook Pages yang ditandai (mention) saja oleh pengguna.

Fitur pembatasan komentar di Facebook memungkinkan pengguna mengatur siapa saja yang bisa berkomentar di unggahan publik mereka (Sumber: Facebook)

Baca Juga: Kebijakan Baru Facebook, Pengguna akan Sering Lihat Iklan saat Tonton Video Pendek

Selain akun personal, fitur ini nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh akun milik brand, publik figur, hingga kreator konten. Dengan membatasi komentar di unggahan resmi akun-akun tersebut dapat meningkatkan interaksi yang lebih bermakna dengan komunitas mereka.

Fitur ini mirip seperti yang dimiliki Twitter untuk membatasi balasan atau reply di kicauan pengguna yang diluncurkan Agustus 2020 lalu. Pengguna sama-sama tidak bisa sembarangan "nimbrung" dalam percakapan atau interaksi di suatu unggahan yang membatasi mereka.

Selain itu Facebook juga memperbarui halaman News Feed dengan menambahkan fitur "filter feed". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk beralih dari halaman "Favourites" ke "Most Recent" saat melihat unggahan di News Feed.

Baca Juga: Kecepatan Internet Indonesia Meningkat, Pengguna Facebook Bekasi Raya Terbanyak Kedua di Dunia

Filter "Favourites" memungkinkan pengguna melihat posting-an dari maksimal 30 teman atau Facebook Pages yang sudah dimasukkan ke dalam daftar favorit. Sedangkan "Most Recent" memungkinkan pengguna untuk mengakses unggahan-unggahan paling baru sesuai kronologi waktu.

Keduanya memberikan kesempatan pada pengguna untuk menikmati unggahan di News Feed sesuai pilihan mereka, bukan lagi berdasarkan algoritma Facebook.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x