> >

Gus Baha Jelaskan soal Amal Sedikit tapi Masuk Surga, Bagaimana?

Beranda islami | 26 November 2021, 17:05 WIB
Gus Baha menyebut, ada amal kecil tapi bisa masuk surga, apa itu? (Sumber: Situs Resmi NU)

JAKARTA, KOMPAS.TV - KH Bahaudin Nursalim atau biasa disapa Gus Baha menjelaskan soal amal yang bisa jadi sedikit, tapi bisa jadi hal itu justru yang membuat seseorang masuk ke surga-Nya, apakah itu?

Gus Baha lantas mengutip Hujjatul Islam Imam Ghozali terkait surga, neraka dan orang mukmin yang ketakutan. Takut masuk neraka, tapi ingin sekali masuk ke neraka.

“Lho, ini kata Imam Ghozali. Saya tidak bercanda,’jika seorang mukmin takut neraka, maka harusnya jika betul dia beriman, maka masuk surga,” tutur Gus Baha di situs resmi Santri Gayeng, KOMPAS TV sudah dapat izin resmi mengutip beliau.

Lantas, Pengasuh Pesantren Tahfidz Al-Qur’an LP3IA Rembang itu menuturkan, setan tentu tidak tinggal diam. Setan, lanjut dia, akan terus menggoda manusia sampai terjerumus neraka.

“Tapi setan menggoda mukmin untuk membesar-besarkan kemungkinan masuk neraka agar merasa tidak nyaman berada di dekat Allah SWT,” katanya.

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan soal Terlalu Benci Orang Arab Bisa Jadi Dosa Besar, Apa Alasannya?

Lantas Gus Baha menjelaskan soal metode berpikir yang seharusnya dimiliki seorang mukmin. Ini terkait surga dan neraka.

“Harusnya berpikir, aku mungkin masuk neraka, tapi juga bisa jadi mungkin masuk surga. Sama-sama mungkin, kenapa? Padahal amal salehku banyak, kenapa kok tidak bisa masuk surga?” kata Gus Baha.

Menjawab pertanyaan terkait hal itu, Gus Baha menjelaskan bahwa masuk surga itu pada dasarnya bukan sekadar amal saleh belaka. Tidak sesederhana itu.

“Karena masuk surga tidak perlu banyak amal saleh. Hanya butuh rahmat Allah untuk bisa masuk surga,” ujarnya.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU