> >

Kronologi Balita 2 Tahun Tewas Dianiaya Kakek dan Nenek, Sempat Bersandiwara Cucunya Terjatuh

Peristiwa | 21 Januari 2023, 17:36 WIB
Jajaran Unit Reskrim Polsek Pasar Rebo saat proses identifikasi jasad AF di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (17/1/2023) (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Balita berusia 2 tahun, AF, meninggal usai dianiaya oleh kakek dan nenek tirinya, AS (45) dan T (38). Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Melansir Kompas.id, AS dan T menganiaya cucu mereka hingga tewas karena ibunya, SW, diduga menelantarkannya. AF dititipkan SW kepada AS dan T sejak April 2022.

Setelah dititipkan, SW tidak kunjung memenuhi kebutuhan AF atau memberikan uang kepada AS dan T. Hal itu membuat kakek nenek itu merasa jengkel lantaran terbebani secara ekonomi. Hal itu pun berujung pada penganiayaan terhadap AF.

Baca Juga: Balita Tewas Dianiaya Kakek dan Neneknya di Pasar Rebo, Dimakamkan tanpa Kehadiran Ibu

Selasa (17/1/2023), AF dinyatakan meninggal dunia usai dibawa oleh anak AS dan T ke Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo.

Kepala Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Jakarta Timur Iptu Sri Yatmini mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi bahwa seorang balita dibawa oleh seseorang yang mengaku sebagai saudara pada Selasa malam.

”Saat kami datang, kondisi badannya luka di sekujur tubuh, saya lihat bagian punggungnya ada benjolan. Kasihan sekali lihatnya, AF dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I R Said Sukanto untuk diautopsi dan hari ini dimakamkan,” kata Sri Yatmini di Markas Polres Jakarta Timur, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: Kisah Buaya Mahakam Antar Jasad Balita Tenggelam ke Tepi Sungai, Dilepas saat Keluarga Mendekat

Sandiwara Kakek dan Nenek

Pihak kepolisian pun langsung meminta keterangan kepada AS, T, dan SW. Ketiganya diperiksa di Polres Jakarta Timur pada Rabu (18/1/2023). Kepada polisi, ketiganya sempat bersandiwara bahwa penyebab AF meninggal dunia adalah jatuh.

Penyidik lantas melakukan interogasi secara terpisah. Saat pemeriksaan terhadap T, nenek itu mengakui bahwa dirinya menampar dan memukul AF. Sementara, AS mengaku membanting, menendang, dan memukul AF hingga berakhir meninggal.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas.id/Kompas.com


TERBARU