> >

Erupsi Semeru, Sedikitnya 45 Warga Alami Luka Bakar

Peristiwa | 4 Desember 2021, 23:45 WIB
Hingga Sabtu (4/12/2021) malam, sedikitnya 45 orang warga di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami luka bakar akibat erupsi Gunung Semeru. (Sumber: suryamalang.com)

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Hingga Sabtu (4/12/2021) malam, sedikitnya 45 orang warga di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami luka bakar akibat erupsi Gunung Semeru.

Hal ini diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Sementara ini luka bakar 45 orang, yang berat dan dirujuk ke RSUD dan RS Bhayangkara 17 orang," kata Menkes melalui pesan singkat, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tolong, Korban Letusan Gunung Semeru Sesaki Puskesmas dan Kekurangan Obat hingga Oksigen

Ia mengatakan, mayoritas korban luka bakar diperkirakan tertimbun material erupsi Semeru yang melanda empat wilayah RT di satu RW.

"Kondisi gelap, tidak bisa melarikan diri. Situasi belum aman. Juga diperkirakan banyak pekerja tambang pasir terperangkap," katanya.

Budi juga menerima laporan rata-rata korban menderita luka bakar grade 2A-B. Luka bakar di atas 50 persen dialami enam orang, korban yang dirawat di ICU sebanyak empat orang.

"Korban yang dirujuk ke RSUD Dr Haryoto satu orang karena butuh infus vena sentral," katanya.

Baca Juga: Badan Geologi: Ada Kemungkinan Erupsi Gunung Semeru karena Curah Hujan Tinggi

Dinas Kesehatan Lumajang saat ini membutuhkan pasokan obat-obatan untuk luka bakar, sebab pasien dilaporkan telah menumpuk di Puskesmas.

Penulis : Vyara Lestari Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Antara


TERBARU