> >

Kisah Wak Haji Rukding, Orang Gila Pembuat Jalan di Gili Trawangan

Wisata | 14 Juli 2021, 23:20 WIB
Wak Haji Rukding, pelopor pembuat jalan yang mengelilingi Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Foto diambil sebelum pandemi. (Sumber: Kompas.TV - Vyara)

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Tahukah Anda, siapa pembuat jalan yang ada di Gili Trawangan?

Gili Trawangan, pulau kecil di ujung barat dari gugusan tiga gili di barat-laut Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat itu, tak serta merta berubah menjadi pulau wisata berfasilitas lengkap dalam sekejap.

Jangankan wi-fi gratis, listrik pun dulu hanya dialirkan selama beberapa jam saja dalam sehari. Boro-boro hotel mewah berkolam renang dan restoran bermenu makanan fancy ala Barat. Dulu, jalan pun tak ada.

Wak Haji Rukding, begitu ia biasa dipanggil, adalah sosok yang membuat Gili Trawangan mudah dijelajahi dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menumpang cidomo, angkutan serupa delman di pulau ini. Di Gili Trawangan, tak ada kendaraan bermotor, kecuali mobil dan motor pengangkut sampah.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Ternyata Pernah Berlabuh di Gili Trawangan, Lombok dan Jadi Tontonan Warga

Wak Haji Rukding masih ingat betul, dulu sekali, ketika masih muda, ia pernah dijuluki orang gila oleh orang-orang sekampungnya di pulau kecil ini.

Ia dibilang gila karena membuat jalan di Gili Trawangan seorang diri. Buat apa, seloroh mereka. Siapa yang mau lewat, sindir yang lain. Tapi Wak Haji Rukding bergeming.

“Kalau ada jalan, pulau ini pasti maju,” begitu tekadnya waktu itu.

Pantai Gili Trawangan nan cantik di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (Sumber: Kompas.TV - Vyara)

Pada tahun 1980-an, saat jumlah penduduk Gili Trawangan masih bisa dihitung jari, Wak Haji Rukding seorang diri berjalan keliling pulau mengibas semak belukar membuat jalan. Saban usai salat subuh, ia pergi memasang patok dan meratakan tanah.

Baca Juga: Tersangkut Saat Memanah Ikan, Wawan Ditemukan Meninggal Dunia di Kedalaman Laut Gili Trawangan

Penulis : Vyara Lestari Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU