Kompas TV nasional peristiwa

KRI Nanggala-402 Ternyata Pernah Berlabuh di Gili Trawangan, Lombok dan Jadi Tontonan Warga

Minggu, 25 April 2021 | 23:50 WIB
kri-nanggala-402-ternyata-pernah-berlabuh-di-gili-trawangan-lombok-dan-jadi-tontonan-warga
Kapal selam KRI Nanggala-402 pernah muncul di permukaan laut sekitar perairan Gili Trawangan, Meno dan Air di Lombok Utara, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2013 silam. (Sumber: Benji)

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam dan seluruh awaknya dinyatakan gugur pada Minggu (25/4/2021), ternyata pernah “berlabuh” di perairan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air di Kabupaten Lombok Utara, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini diungkapkan oleh sejumlah warga Gili Trawangan yang kala itu berkesempatan menyaksikan kapal selam itu muncul ke permukaan di sekitar perairan tiga gili (pulau kecil) yang terletak di Kabupaten Lombok Utara itu.

Benji alias Franky, seorang warga Gili Trawangan, mengaku sempat memotret dan menyaksikan kapal selam itu saat muncul di permukaan pada tahun 2013.

“Delapan tahun lalu saya memotret dan menyaksikan kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut (AL) berada di perairan laut Gili Trawangan, Meno dan Air, Lombok Utara,” tuturnya membagikan sebuah foto KRI Nanggala-402 yang diunggah di laman Facebooknya, Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: 53 Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Panglima TNI akan Beri Kenaikan Pangkat..

Seorang warga Gili Trawangan lain, Efendi Suryadi, juga mengatakan hal serupa. “Ternyata dulu (KRI Nanggala-402) pernah berlabuh di depan Gili Trawangan,” ujarnya.

Seorang turis perempuan tampak tengah berpose dengan latar kapal selam KRI Nanggala-402 yang muncul di permukaan laut di selatan Gili Trawangan pada tahun 2013 silam. (Sumber: Koleksi foto Efendi Suryadi)

“Ini yang ambil foto teman saya, waktu itu dia pergi snorkling,” tambahnya saat dihubungi Kompas.TV pada Minggu malam (25/4/2021), menunjukkan sebuah foto seorang turis perempuan tengah berpose di atas sebuah kapal dengan latar kapal selam KRI Nanggala-402 yang tengah muncul di permukaan laut.

Di bawah foto unggahannya, tertulis pesan dalam bahasa Inggris yang berarti, “Beberapa tahun lalu, KRI Nanggala-402 pernah muncul di permukaan laut Gili Trawangan, dan kini ia dalam musibah.”

Baca Juga: Kapten Laut I Gede Kartika Awak Nanggala-402, Bercita-Cita Jadi TNI AL dan Ingin Naik Semua KRI

Tim Tambunan, seorang warga lain, juga membagikan foto kenangan serupa.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:05
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19