> >

Klaster Bukber di Kampung Jokowi Bertambah Jadi 41 Orang, Gibran Berlakukan Lockdown

Peristiwa | 19 Mei 2021, 16:02 WIB
ilustrasi covid-19 (Sumber: kompas.com)

SOLO, KOMPAS.TV - Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di lingkungan RT 006/RW 007 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, bertambah 16 orang.

Kemunculan klaster Covid-19 yang berada dalam satu kelurahan yang sama dengan rumah Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini diduga berawal dari acara buka bersama (Bukber). 

"Tambah 16 pasien Covid-19 jadi 41 orang," Ketua RW setempat, Ariyanto Rinto Suryono, yang dikutip dari TribunSolo, Rabu (19/5/2021). 

Dia mengatakan perangkat Kelurahan Sumber langsung melakukan uji swab kepada 43 warga yang telah kontak erat dan dekat dengan 16 pasien positif Covid-19 itu.

Baca Juga: Fasilitasi Usaha Kecil Menengah dengan Workshop Kampus UMKM Shopee, Gibran: UMKM Harus Naik Kelas

Sementara itu, sebanyak 16 orang yang dinyatakan positif pada Rabu ini, langsung dilakukan isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

"Penjemputan akan dilakukan pukul 10.00 WIB. Semua menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan," ujar Ariyanto. 

Lebih lanjut Ariyanto mengungkapkan kasus positif yang teridentifikasi tersebut adalah hasil pelacakan atau tracing contact dari kasus sebelumnya.

Sebagai informasi, pertama kali klaster Bukber ini muncul terdapat 20 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dinas Kesehatan Kota (DKK) langsung melakukan tracing kepada puluhan warga setempat.

Baca Juga: Klaster Buka Puasa Bersama, 20 Warga Solo Positif Covid-19

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU