Kompas TV regional sosial

Fasilitasi Usaha Kecil Menengah dengan Workshop Kampus UMKM Shopee, Gibran: UMKM Harus Naik Kelas

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 06:21 WIB
fasilitasi-usaha-kecil-menengah-dengan-workshop-kampus-umkm-shopee-gibran-umkm-harus-naik-kelas
 Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming buka Kampus UMKM Shopee.  Pemkot Surakarta berkomitmen untuk memajukan UMKM kota menuju Go Internasional, dengan membuka workshop Kampus UMKM Shopee Ekspor, Selasa (18/5/2021)). (Sumber: Doc. Pemkot Surakarta)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meresmikan program workshop Kampus UMKM Shopee Ekspor di Kantor Shopee, Selasa (18/5/2021).  

Program tersebut sebagai komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk mengembangkan potensi dan mencetak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang siap menembus pasar ekspor.

Melalui workshop itu, Kampus UMKM Shopee akan memberikan layanan pada edukasi berkesinambungan tentang penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran, logistik hingga penjualan ekspor khusus bagi UMKM di Kota Surakarta.

Menurut Gibran potensi perputaran uang di penjualan batik dan kerajinan khas Surakarta di Beteng, Klewer dan PGS tinggi sekali.  Akan lebih baik lagi, lanjutnya, bila ibu–ibu yang membuat handycraft di masa pandemi ini untuk go digital.

"Tidak bisa lagi menunggu pembeli datang, sudah tidak jamannya lagi. Dengan mengikuti berbagai training kampus UMKM ini, semua UMKM bisa naik kelas dengan tampilan produk yang lebih cantik, wah dan bagus,” kata Gibran melalui keterangan tertulisnya, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: Lebaran di Solo, Gibran Silaturahmi dengan Jokowi Secara Daring

Putra Prsiden Joko Widodo itu menjelaskan bahwa dalam pelatihan tersebut, Kampus UMKM Shopee menyediakan berbagai fasilitas, di antaranya show case produk, tempat untuk memfoto dan membuat video produk secara profesional serta fasilitas training.

Ia menyebut tempat tersebut sangat mendukung untuk kemajuan UMKM di Kota Surakarta.

Program kerjasama Shopee itu ada karena Gibran tidak ingin UMKM di Kota Solo begitu–begitu saja. Ia ingin  semuanya naik kelas, bisa membranding produk dengan baik, memilih packaging-nya dengan baik.

"Dan yang paling penting bisa melebarkan sayapnya sampai ke negara–negara lain. Saya sangat senang dengan adanya kampus ini di Kota Solo. Biar produk–produk di Kota Solo dikenal lebih luas lagi,” katanya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x