> >

Perahu Terbalik Tewaskan 3 Pemudik yang Nekat Lewat Sungai Demi Hindari Pos Penyekatan

Peristiwa | 14 Mei 2021, 16:08 WIB
Tim SAR mengevakuasi seorang korban tenggelam di Sungai Kampar di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (14/5/2021). Korban tenggelam saat mencoba mudik. (Sumber: Dok. SAR Pekanbaru via Kompas.com)

KAMPAR, KOMPAS.TV - Tiga orang laki-laki tenggelam saat melewati sungai di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Para perantau ini hendak mudik ke Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala SAR Padang Asnedi membeberkan, awalnya rombongan pemudik berjumlah 4 orang itu berencana menghindari pos penyekatan. 

Baca Juga: Arus Balik Mudik: Tidak Ada Dokumen Perjalanan, Putar Balik ke Daerah Asal Mudik

Mereka tak memilih perjalanan darat karena khawatir akan disuruh putar balik oleh aparat. Mereka pun nekat menggunakan perahu untuk mencapai Sumbar dari Riau. 

Keempat laki-laki itu menumpang perahu mengarungi Sungai Taluak Subanio.

"Mereka hendak mudik menggunakan perahu dari Kampar Riau ke Limapuluh Kota Sumbar,” Kepala SAR Padang Asnedi, dilansir dari Kompas.com.

Akan tetapi, perahu itu terbalik di Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, pada Rabu (12/5/2021) malam.

Satu pemudik berinisial RR (20) berhasil selamat. Ia lalu melaporkan insiden itu pada Dinas Pemadam Kebakaran Kapur IX untuk menyelamatkan 3 temannya.

“Mereka menyewa perahu. Namun, ketika memasuki Limapuluh Kota, perahunya terbalik. Satu orang selamat dan tiga orang lainnya tenggelam," beber Asnedi.

Baca Juga: Gempa M 7,2 Guncang Nias Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Eddward-S-Kennedy

Sumber : Kompas TV


TERBARU