> >

Setelah Gempa Malang, BMKG: Warga Jatim Waspada Hujan Disertai Petir Selama 3 Hari

Sosial | 11 April 2021, 16:58 WIB
Ilustrasi hujan. Prakiraan cuaca BMKG hari ini. (Sumber: KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

SIDOARJO, KOMPASTV - Setelah Gempa Malang terjadi, sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) diprediksi bakal diterjang hujan intensitas sedang hingga lebat selama tiga hari. 

Hal ini berdasar peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo. 

"Waspada hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Potensi banjir level waspada," tulis BMKG Juanda, yang dikutip dari Instagram @infobmkgjuanda, Minggu (11/4/2021).

Dalam peringatan itu, BMKG Juanda mengingatkan waspada potensi banjir mulai 10-12 April 2021. 

Adapun daerah Jatim yang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada malam hari ini, yakni wilayah Sidoarjo, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Lumajang.

Baca Juga: Fakta Gempa Malang: Penjelasan BMKG dan Penampakan Bangunan yang Rusak

Senin (12/4/2021) pagi hari diprakirakan hujan ringan hingga sedang, dan hujan lebat disertai petir mengguyur wilayah Kabupaten Mojokerto, Magetan, Kabupaten Pasuruan, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan, dan Sampang.

Kemudian, saat siang-sore hari wilayah yang diguyur hujan yakni Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo. 

Sementara pada 13 April 2021, saat pagi hari hujan akan mengguyur wilayah Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Kabupaten Belitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Pada siang-sore, wilayah yang akan diguyur hujan di Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Pacitan, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Peringatan dini 3 harian di Jawa Timur (Sumber: Instagram @infobmkgjuanda)

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU