> >

Legenda Hidup Sepak Bola Iran dan Asia Ini Ogah Datang Piala Dunia Qatar 2022

Sapa qatar | 17 November 2022, 06:28 WIB
Sosok legenda hidup Asi dari Iran yang menolak hadir di Piala Dunia Qatar 2022 (Sumber: AFP)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Legenda hidup sepak bola Asia dari Iran, Ali Daei, ternyata ogah datang ke Piala Dunia Qatar 2022 yang bakal digelar beberapa hari ke depan. Padahal, ia dapat undangan resmi dari Qatar. 

Ali Daei menampik undangan dari Qatar itu lantaran sebagai bentuk solidaritas warga Iran. Khususnya warga Iran yang ikut protes anti pemerintah di negaranya. 

Dibanding Piala Dunia Qatar, kata dia, ia memilih untuk bersimpati kepada para keluarga korban gerakan protes di Iran. 

"Saya menolak undangan resmi FIFA dan Federasi Sepak Bola Qatar untuk menghadiri Piala Dunia bersama istri dan putri,” tulis Ali Daei di Instagram.

 “Saya lebih suka berada di Iran dan bersimpati kepada semua keluarga yang kehilangan orang yang dicintai selama ini,” tambahnya.

Dikenal sebagai legenda sepak bola, Ali Daei ternyata adalah pendukung vokal protes nasional di seluruh Iran, yang pecah karena memprotes kematian Mahsa Amini, beberapa waktu lalu. 

Legenda hidup sepak bola Belanda, Clarence Seedorf, pun mengomentari postingan tersebut. 

"Kamu memang sebenar-benarnya pemimpin spiritual bagi negaramu, Kawanku," papar eks pemain AC Milan tersebut komentari keputusan Ali Daei. 

Baca Juga: Kala Presiden FIFA Ikut Serukan Perdamaian Rusia-Ukraina, Minta Gencatan Senjata Selama Piala Dunia

Kenyang di Eropa, Pemegang Rekor Dunia

Ali  sendiri merupakan salah satu tokoh olah raga paling terkenal di negaranya dan di Asia. Ia juga kenyang bermain sepak bola di Eropa. 

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU