> >

Sepatu Nike Pertama Michael Jordan Dilelang, Diprediksi Laku Rp21 Miliar!

Kompas sport | 11 Oktober 2021, 18:57 WIB
Sepatu Nike Pertama Michael Jordan, Nike Air Ship. (Sumber: sothebys.com)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Sepatu Nike pertama legenda NBA. Michael Jordan yang dipakai selama musim Rookie tahun 1984 bakal dilelang di acara Icons of Excellence & Haute Luxury pada 24 Oktober mendatang. Perkiraannya, sepatu legendaris tersebut bakal laku senilai Rp21 miliar. 

Sudah lebih dari 18 tahun semenjak Jordan memutuskan pensiun dari dunia bola basket. Tetapi, segala hal tentang legenda Chicago Bulls tetaplah kuat seperti sedia kala. 

Sebagian fans garis keras masih mengoleksi segala bentuk barang yang pernah atau berhubungan dengan Jordan, khususnya sepatu. 

Baca Juga: Sepatu Air Jordan Saat Michael Jordan Bertanding NBA Musim 1984-1985 Terjual Dengan Nilai Fantastis

Seperti diketahui, kemitraan produsen apparel olahraga Amerika Serikat, Nike dengan Michael Jordan bisa dikatakan kerja sama terbaik dalam dunia olahraga dalam tiga dekade terakhir yang menghasilkan sepatu ikonik, Air Jordan.

Jordan menyepakati kerja sama tersebut sebelum musim Rookie tahun 1984 dimulai. Tetapi, dalam empat pertandingan perdana Air Jordan 1 belum siap digunakan. 

Alhasil, Michael Jordan harus menggunakan Nike Air Ship. Sepatu berwarna putih dengan aksen merah ini diproduksi terbatas dan sebagian memiliki tulisan 'Air Jordan' atau 'Nike Air' di bagian tumitnya. 

Karena tulisan tersebut di sepatu tersebut dianggap sebagai kamapanye iklan produk, NBA sempat melarang dan mendenda Michael Jordan tiap kali mengenakan sepatu tersebut.

Baca Juga: Celana Dalam Bekas Michael Jordan Dilelang, Harga Mulai Rp7 Juta

Jordan memakai sepatu tersebut pada laga kelima NBA kontra Denver Nuggets. Kala itu, Jordan mencetak 17 poin dan Chicago Bulls menang 129-113. 

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Iman-Firdaus

Sumber : hypebeast.com


TERBARU