> >

Target Meleset, Erick Thohir Akui 90 Persen BUMN Babak Belur Terdampak Corona

Berita kompas tv | 20 Mei 2020, 14:57 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Sumber: Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMA)

KOMPAS.TV - Dampak virus corona atau Covid-19 terasa hingga berbagai sektor perusahaan. Tak terkecuali bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mayoritas perusahaan pelat merah tersebut kondisi keuangannya terdampak pandemi Covid-19. Hal ini diakui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. 

Dia menyebut bahwa dari 142 BUMN, sekitar 90 persennya 'babak belur' dihantam virus corona.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan Karyawan BUMN Tetap Libur Lebaran, 25 Mei Bukan Jadwal Masuk

“Dengan kondisi hari ini 90 persen perusahaan pasti terkena. BUMN yang enggak terlalu impact itu Telkom, BUMN kesehatan, dan kelapa sawit. Lainnya terdampak,” ujar Erick dalam diskusi virtual, Rabu (20/5/2020).

Target Deviden Meleset

Mantan pimpinan Inter Milan itu menatakan, kondisi tersebut tentu akan berdampak pada dividen yang disetorkan perusahaan ke negara.

Malahan dividen yang disetorkan bisa jadi hanya setengah dari target yang dicanangkan.

“Sayangnya, realita dengan adanya Covid ini banyak sekali kinerja BUMN tergerus. Makanya saya enggak malu ketika ketemu DPR dan Kemenkeu yang awlanya kita bilang bisa capai target, bahkan lebih, ternyata tahun depan kalau sudah 50 persen sudah Alhamdulillah,” kata Erick.

Untuk menghadapai situasi tersebut, kata Erick, dirinya sudah memerintahkan BUMN-BUMN untuk mengevaluasi belanja modalnya.

Penulis : fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU