> >

Pakar Komunikasi Nilai Dukungan Jokowi Lebih Berat ke Ganjar: Satu Garis Politik, Satu Rumah

Politik | 27 Mei 2023, 05:33 WIB
Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang saat menghadiri panen raya di Kebumen, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Dokumentasi Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dukungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai lebih condong ke Ganjar Pranowo, walaupun Jokowi sering memberi sinyal dukungan ke kandidat capres lain.

Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing menjelaskan dukungan Jokowi ke Ganjar ini tidak terlepas dari latar belakang kedua tokoh tersebut. 

Menurutnya, Ganjar akan lebih setia mewujudkan keinginan Jokowi untuk keberlanjutan program yang sudah dibuat sang presiden. 

Jika dukungan Jokowi diberatkan ke Prabowo, maka ada peluang kepentingan politik Ketua Umum Partai Gerindra itu akan lebih besar dibanding program yang sudah digagas setelah terpilih menjadi RI 1. 

Baca Juga: Dinilai Jadi King Maker di Pilpres, Akankah Jokowi Satukan Ganjar-Prabowo?

"Saya kira Jokowi lebih setia ke Ganjar, karena satu garis politik satu rumah. Kalkulasinya kepentingan politik, mana lebih terwujud kepentingan politik Jokowi lima tahun ke depan ada di tangan Ganjar atau Prabowo," ujar Emrus di program Dua Arah KOMPAS TV, Jumat (26/5/2023) malam.

Di kesempatan yang sama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengakui ada peran Jokowi dalam peningkatan elektabilitas Prabowo.

Hal tersebut lantaran Jokowi sering mengajak Prabowo yang menjadi pembantunya di pemerintahan dalam kegiatan kerja presiden. 

Hubungan Jokowi dengan Prabowo juga bukan terjalin saat Prabowo masuk di Kabinet Indonesia Maju, tapi jauh saat Pilkada 2012. 

Baca Juga: Survei Kepuasan Rakyat ke Jokowi 70 Persen, Apa Mampu Jadi Modal Besar Capres ‘Endorse-an’ Jokowi?

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU