Kompas TV video vod

Dinilai Jadi King Maker di Pilpres, Akankah Jokowi Satukan Ganjar-Prabowo?

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 21:37 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penentuan bakal calon Wakil Presiden menjadi salah satu babak penting dalam Pemilu Presiden.

Meskipun  3 orang bakal Capres 2024 sudah dideklarasikan, belum satupun yang mengumumkan secara resmi siapa pasangannya sebagai bakal Cawapres koalisi parpol pun masih dinamis.

Di sisi lain, Jokowi dinilai menjadi sosok king maker dalam menentukan arah koalisi di Pilpres, khususnya sebagai bentuk perlawanan terhadap koalisi perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres.

Pendiri CSIS Jusuf Wanandi menyebut sejumlah tokoh lain saat ini hanya sebagai pengikut keputusan yang akan diambil Jokowi.

Presiden Jokowi beberapa kali  terlihat menunjukkan kedekatan dengan Ganjar dan juga Prabowo, baik saat kunjungan dinas ke daerah maupun  silaturahmi khusus secara terpisah.

Usulan untuk menduetkan Prabowo Ganjar sempat dilontarka, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi atau Projo Budi Arie Setiadi.

Relawan Projo menyatakan Presiden Joko Widodo masih berupaya mewujudkan duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Pemilu mendatang.

Sebelumnya Prabowo sempat menyebut, peluang duet antara dirinya dan ganjar agak sulit terjadi sebab dirinya dan ganjar sama-sama dicalonkan sebagai capres oleh parpolnya masing-masing.

Arah dukungan Jokowi khususnya pada dua bakal capres, Ganjar dan Prabowo semakin ditunggu.

Saat menghadiri acara puncak musra relawan Jokowi di Istora Senayan Jakarta, 14 Mei lalu Jokowi mengungkap kriteria pemimpin ideal yang dibutuhkan rakyat untuk memajukan Indonesia.

Jokowi juga meminta semua pihak termasuk para relawan dan pendukungnya tidak terburu-buru atau grasa grusu  menentukan calon Presiden.

Baca Juga: Ayah Putri Balqis Ceritakan Kronologi Saling Lapor Hingga Kondisi Cucunya


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x