> >

Pertemuan Jokowi-Megawati Disebut Bahas Capres 2024, PDIP: Ya Bisa Saja

Rumah pemilu | 19 Maret 2023, 20:17 WIB
(Dari kiri ke kanan) Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto makan bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/3/2023). (Sumber: Handout Hasto Kristiyanto)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono mengatakan pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bisa saja membahas soal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

"Kalau Ibu (Megawati) selalu berkomunikasi dengan kader-kadernya pada setiap posisi yang ditugaskan, baik kepada menteri maupun kepada kader yang lain. Dan itu setiap periodik tentu, bisa saja Ibu melakukan komunikasi, memberikan pendapat, masukan dan catatan," kata Nusyirwan dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Minggu (19/3/2023). 

Saat ditanya tentang kemungkinan pertemuan Jokowi-Megawati membahas nama capres, Nusyirwan menjawab, "Kalau itu ya bisa saja. Tergantung beliau yang menyampaikan."

"Dan saya tidak ikut di dalam pertemuan tersebut. Tentu mengenai beberapa hal belakangan ini yang berkembang, Ibu mengikuti perkembangan tersebut."

"Ya tentu bisa saja semua perkembangan terakhir ini menjadi hal-hal yang dibahas oleh beliau karena sejak pertemuan terakhir hingga kemarin, tampaknya sudah saatnya untuk memberikan beberapa catatan, masukan kepada Pak Jokowi, mungkin demikian. Dan itu wajar saja dilakukan dalam pertemuan kemarin," terangnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Nusyirwan pun tak membantah Jokowi menjadi salah satu pihak yang akan dimintai pendapatnya oleh Megawati sebelum menentukan siapa yang akan diusung PDIP sebagai capres. 

"Bahwa tentu, pertama, Pak Jokowi sangat memahami apa yang menjadi, di samping sebagai seorang presiden, beliau paham betul tentang ketentuan di internal PDI Perjuangan karena beliau adalah kader dari kami," ujarnya. 

Baca Juga: Jokowi Bertemu Megawati, PDI Perjuangan Segera Umumkan Nama Capres?

"Dan Ibu Megawati seperti apa, bagaimana harus berkomunikasi, saya melihat bahwa tentu hal tersebut sudah sama-sama dipahami oleh Pak Jokowi."

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU