Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Bertemu Megawati, PDI Perjuangan Segera Umumkan Nama Capres?

Kompas.tv - 19 Maret 2023, 19:26 WIB
jokowi-bertemu-megawati-pdi-perjuangan-segera-umumkan-nama-capres
Megawati Soekarnoputri, Joko Widodo, Pramono Anung, dan Hasto Kristiyanto makan bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/3/2023). (Sumber: Handout Hasto Kristiyanto)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memberikan pandangannya mengenai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. 

Yunarto menjelaskan, dengan semakin dekatnya pendaftaran calon presiden ke KPU, selain itu dari koalisi lain juga sudah terbentuk siapa calon presiden yang diusung, maka tidak salah apabila publik menganggap bahwa pertemuan Megawati dengan Jokowi membahas untuk Pilpres 2024 mendatang. 

"Jadi tidak salah kalau kita menafsirkan bahwa pertemuan tadi, berbicara juga mengenai pencalonan presiden dari PDI Perjuangan. Atau bahkan mungkin luas, berbicara mengenai nama dan erbicara mengenai koalisi seperti apa yang akan dibentuk," kata Yunarto kepada Kompas TV, Minggu (19/3/2023). 

"Dan kita melihat sinyalemen positif ya kalau kemudian berani diungkapkan ke hadapan publik bahwa ada pembicaraan mengenai masa depan politik 2024. Artinya kalau mau dilihat secara implisit, mungkin sudah ada kesepahaman," imbuhnya. 

Seperti yang diketahui, Jokowi dalam beberapa kesempatan terlihat secara tersirat memberikan dukungannya kepada Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Bahkan dalam pertemuan terakhir, ketiganya terlihat sangat akrab saat meninjau panen raya di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023) lalu. 

Sementara Megawati, dia masih menutup rapat-rapat siapa nama yang bakal diusung PDI-P sebagai capres pada Pilpres 2024.

Yunarto menambahkan, ada asumsi yang berkembang bahwa Jokowi dan Megawati punya jagoannya masing-masing untuk 2024.

Meski begitu, ia yakin bahwa kedua elite politik itu pada akhirnya akan satu suara demi memenangkan kontestasi. 

Baca Juga: Pidato di Acara Apdesi, Megawati: Pemilu Pilih Orang yang Baik

"Selama ini kan menjadi menarik bagaimana publik menduga apa sih yang menjadi derajat hubungan politik antara Ibu Mega dengan Pak Jokowi dalam konteks 2024," lanjut Yunarto. 

"Ada 'asumsi' bahwa seakan-akan pandangan politik dan pilihan politik terhadap capresnya berbeda. Tapi saya pikir itu semua asumsi ya."

"Terlepas dua-duanya punya jagoan yang bisa sama atau berbeda, sepertinya keduanya juga menyadari, bahwa targetnya kalau kemenangan untuk bisa meneruskan legacy yang telah dibangun Pak Jokowi, mereka harus satu skenario untuk bisa memenangkan pertarungan 2024."

"Saya pikir, minimal ini membantah setelah hari ulang tahun PDI-P, yang mengatakan ada keretakan, ada perbedaan pandangan. Saya meyakini ujungnya, mereka akan berada dalam satu skenario besar, bersama-sama untuk memenangkan calonnya," ucapnya. 

Dengan adanya pertemuan antara Jokowi dengan Megawati itu, publik pun berharap bakal segera muncul nama yang akan menjadi capres dari PDI-P di 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x