> >

Bolehkah Minum Kopi selepas Bangun Tidur? Ketahui Waktu yang Tepat Menikmati Kopi

Gaya hidup | 26 November 2022, 06:05 WIB
Ilustrasi - Waktu yang tepat menikmati secangkir kopi. (Sumber: Dok. Jovee)

SOLO, KOMPAS.TV – Para ahli memperingatkan bahwa kopi tidak boleh dikonsumsi pagi hari saat baru bangun tidur. Pasalnya, kopi akan meningkatkan kadar kortisol dengan sangat cepat dan tubuh membutuhkan waktu lama untuk kembali ke keadaan normal.

Hormon kortisol ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan dan fokus kita. Ia juga mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah.

Merangkum dari laman Healthline dan Medicoverhospitals, hormon stres kortisol ini berada pada puncaknya saat bangun tidur pagi hari. Minum kopi saat kadar kortisol mencapai puncaknya dapat semakin meningkatkan kadar hormon ini.

Peningkatan kadar kortisol dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan Anda dan menyebabkan masalah kesehatan seperti gelisah, tremor, dan mood yang memburuk.

Terkait ini, belum ada penelitian jangka panjang tentang implikasi kesehatan dari peningkatan kortisol dari minum kopi. Selain itu, peningkatan kortisol yang diinduksi kafein cenderung berkurang pada orang yang rutin mengonsumsi kafein

Namun, apabila Anda menunggu asupan kopi beberapa jam setelah bangun tidur, kemungkinan malah akan mendapat lebih banyak energi.

Baca Juga: Kata Dokter soal Kebiasaan Minum Kopi Sachet: Takaran dan Efek Sampingnya

Lantas, kapan waktu terbaik mengonsumsi kopi?

Melansir dari Dailymail, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kafein di pagi hari jika meminumnya satu atau dua jam selepas terbangun dari tidur.

Sekitar pukul 9 hingga 11 pagi, hormon kortisol biasanya akan berada di level terendah, sehingga Anda aman untuk menyeduh kopi.

Kafein yang masuk tak akan membuat gelisah, namun justru akan meningkatkan fokus dengan maksimal.

Waktu terbaik minum kopi

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU