> >

Sidang Kode Etik Ferdy Sambo Digelar Tertutup, Pengamat: Ini Kemajuan

Hukum | 25 Agustus 2022, 23:09 WIB
Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo saat menjalani sidang komisi kode etik Polri di TNCC Polri, Jakarta, Kamis (25/8/2022). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang kode etik profesi yang digelar hari ini, Kamis (25/8/2022). 

Sidang kode etik Ferdy Sambo yang digelar secara tertutup itu dipimpin oleh Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Ahmad Dofiri dengan menghadirkan saksi berjumlah 15 orang. 

Meski digelar tertutup, Bambang Rukminto, pengamat kepolisian ISESS menilai hal ini merupakan kemajuan. 

"Ini malah kemajuan ya, karena sebelumnya, sidang etik dilakukan malah media tidak pernah tahu," kata Bambang dalam program Kompas Malam. 

"Karena ini menjadi sorotan publik dan media bisa meliput, meskipun sidangnya tertutup, ini adalah sebuah kemajuan."

Baca Juga: 15 Saksi Selesai Diperiksa, Sidang Etik Dilanjutkan dengan Pemeriksaan Ferdy Sambo

"Dan yang lebih penting, dalam catatan saya, sidang ini digelar dengan cepat dan rencananya hari ini langsung diputus. Itu malah menjadi salah upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat kembali," ujarnya. 

Sidang kode etik Ferdy Sambo, menurut Bambang, digelar secara tertutup karena sesuai aturan yang ada. 

"Memang ada aturan sesuai Peraturan Kepolisian Negara (Perkap) Nomor 7 Tahun 2022, artinya proses etik di kepolisian ini melalui tahapan-tahapan, menghadirkan saksi-saksi, kemudian menyajikan bukti-bukti dan tentunya dilaksanakan oleh atasan hukum dari orang yang diduga melakukan pelanggaran," jelasnya. 

 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU