> >

Kebutuhan Kepemilikan Rumah Capai 12,75 Juta Unit, Wapres: Tapera Syariah Salah Satu Cara Wujudkan

Sosial | 24 Agustus 2022, 05:15 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat memberikan tausiyah dalam acara zikir dan doa kebangsaan memperingati 77 tahun Indonesia merdeka di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/8/2022) malam. (Sumber: Tangkapan layar Youtube via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kebutuhan kepemilikan rumah masyarakat saat ini mencapai 12,75 juta unit. Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Syariah bisa menjadi salah satu sarana untuk mewujudkannya.

Penjelasan itu disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin saat meresmikan peluncuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Syariah secara virtual, Selasa (23/8/2022).

Menurut Ma’ruf, tidak semua masyarakat memiliki kematangan finansial untuk membeli hunian. Terlebih bagi masyarakat perkotaan.

Sebab, keterjangkauan untuk memiliki rumah turut dipengaruhi harga hunian yang cenderung meningkat setiap tahunnya, bahkan di atas rata-rata daya beli.

“Tabungan Perumahan Rakyat Syariah menjadi salah satu sarana untuk membantu mewujudkan kepemilikan rumah bagi masyarakat, yang kebutuhannya kian meningkat, kini mencapai 12,75 juta unit,” tuturnya, dikutip dari keterangan tertulis Setwapres.

Baca Juga: Soal Harga BBM Akan Naik, Wapres: Harga BBM Masih Dibahas

Ma’ruf menambahkan, Tapera Syariah sekaligus merupakan perwujudan pembangunan ekonomi yang sejalan dengan maqashid syariah.

Sebab, memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui hadirnya skema tabungan perumahan yang sesuai prinsip syariah.

“Momentum peluncuran Tapera Syariah ini juga dinilai sangat tepat,” tuturnya.

“Peningkatan preferensi masyarakat tidak hanya terlihat di sektor jasa keuangan dan sektor unggulan ekonomi syariah lainnya, tetapi juga terjadi di sektor perumahan,” tambahnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU