> >

Seluruh Jemaah Haji Aceh Sudah Pulang ke Tanah Air, Empat Orang Meninggal Dunia

Agama | 2 Agustus 2022, 10:44 WIB
Jamaah haji kloter enam Debarkasi Aceh tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (1/8/2022). (Sumber: ANTARA/HO-PPIH Debarkasi Aceh)

ACEH, KOMPAS.TV – Seluruh jemaah haji asal Aceh dipastikan sudah tiba di tanah air. Dari total 2.022 jamaah haji yang diberangkatkan ke Arab Saudi, 1.998 sudah tiba Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Dalam jumlah itu, empat jemaah Aceh meninggal dunia selama proses haji 2022.

Hal itu dungkap Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Debarkasi Aceh Tajri bin Yakub, Senin malam waktu Arab Saudi (1/8/2022) yang mengatakan jemaah haji Aceh yang terakhir tiba di Tanah Rencong yakni kloter enam dan berjumlah 62 orang.

"Jemaah haji kloter enam tiba pada Senin (1/8) sekitar pukul 21.21 WIB di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar," kata Tajri dikutip dari Antara.

 

Jemaah yang meninggal yakni Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) dan Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55) dari kloter satu, serta Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) dan Intan Sani binti Abdullah (61) dari kloter lima.

Menurut Tajri, pada proses pemulangan jemaah haji tahun 2022, Bandara SIM menerima kedatangan 1.567 jamaah dari Bandara King Abdul Aziz (JED), Jeddah.

Sementara sisanya, 451 jamaah diberangkatkan melalui Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

"Alhamdulillah, fase pemulangan jamaah haji Aceh tahun ini telah selesai. Kita sudah menerima kepulangan 1.998 jemaah dari Arab Saudi," katanya.

Baca Juga: Jamaah Haji Gorontalo Wajib Swab Antigen Saat Tiba Di Gorontalo

Enam Kloter Terakhir dari Aceh Kondisinya Baik

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Desy-Afrianti

Sumber : ANTARA


TERBARU